Kamis 15 Mar 2018 14:25 WIB

Surau Al Hijrah di Malaysia akan Dipugar Jadi Masjid

Surau tak lagi bisa menampung banyaknya jamaah shalat Jumat.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sebuah Mushala
Foto: Republika.doc
Ilustrasi sebuah Mushala

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN -- Surau Al Hijrah yang terletak di Kampung Sungai Miri di Labuan, wilayah federal di Malaysia akan diubah menjadi sebuah masjid. Penggantian fungsi bangunan tersebut ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan seiring dengan meningkatnya populasi Muslim di wilayah tersebut.

Ketua Pegawai Eksekutif Yayasan Kesejahteraan Bandar Kementerian Wilayah Persekutuan Datuk Dr Mustapha Ahmad Marican mengatakan surau tersebut adalah salah satu surau yang aktif menjalankan berbagai aktivitas keagamaan. Surau Al Hijrah diserahkan sebagai sebuah sumbangan kepada Departemen Agama Islam Wilayah Federal (JAWI) Labuan pada 1996.

"Kami akan meneruskan masalah ini kepada Menteri Wilayah Federal Tengku Adnan Tengku Mansor untuk tindakan lebih lanjut dalam memastikan surau agar dapat diimplementasikan sesegera mungkin," kata Mustapha, dilansir di Bernama, Kamis (15/3).

Dia mengatakan ada lebih dari seribu penduduk desa yang berkumpul ke surau tersebut untuk melaksanakan shalat Jumat. Populasi itulah, menurutnya, yang menjadi salah satu faktor utama untuk peningkatan fungsi bangunan.

Dalam hal ini, ia menekankan pentingnya agar panitia surau mematuhi peraturan yang digariskan JAWI. Hal itu untuk memastikan proses peningkatan fungsi surau bisa dipercepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement