Kamis 13 Dec 2018 06:06 WIB

Perusahaan Malaysia Luncurkan Aplikasi Ibadat untuk Muslim

Ibadat berisi informasi seperti waktu shalat, lokasi masjid terdekat juga Alquran.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andi Nur Aminah
Android bisa berbagai macam aplikasi (ilustrasi)
Foto: Google
Android bisa berbagai macam aplikasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Penyedia layanan telekomunikasi di Malaysia, Digi, meluncurkan sebuah aplikasi seluler bernama Ibadat. Aplikasi ini diperuntukkan bagi masyarakat Muslim. Aplikasi tersebut diciptakan guna membantu Muslim dalam menunaikan kewajiban ibadah shalat mereka.

Dilansir The Star Online, Rabu (12/12), Ibadat menampilkan informasi seperti waktu shalat, lokasi masjid terdekat, Alquran dengan rekaman audio, dan sebuah kompas untuk membantu pengguna menentukan lokasi kiblat. Aplikasi ini mendasarkan waktu shalatnya di Departemen Pengembangan Islam Malaysia (Jakim). Namun begitu, Ibadat hanya tersedia untuk Android.

Aplikasi ini juga mencakup konten premium. Konten tersebut dihargai sebesar 50 sen per pekan atau 1,50 ringgit per bulan. Di dalam konten tersebut, pengguna bisa mengakses fitur seperti Azan Alert, kumpulan do'a atau shalat, kalkulator zakat dan kalender Ramadhan dengan waktu untuk berbuka (Iftar).

Dari pernyataan pers Digi, disebutkan bahwa pengguna konten premium juga akan melihat video langsung dari pelaksanaan ibadah haji di Makkah dan Madinah selama bulan Zulhijjah. Tidak hanya itu, adapula panduan untuk nama-nama bayi yang Islami dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi ini membutuhkan akses ke lokasi anda, file media dan pengaturan notifikasi yang berfungsi. Untuk berlangganan konten premium, pengguna harus mengirim SMS ke Digi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement