Rabu 26 Sep 2018 10:07 WIB

Kanada Miliki Perusahaan Teater Muslim Profesional Pertama

Teater akan menggelar pertunjukan drama di Kota Montreal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Kanada
Muslim Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Perusahaan teater Muslim profesional pertama di Kanada berencana menggelar pentas di Kota Montreal pada Kamis (27/9) mendatang. Pementasan itu diharapkan menjadi jembatan membangun pemahaman dan dialog dengan masyarakat Kanada yang lebih luas tentang Islam.

Pertunjukan berjudul The Domestic Crusaders akan ditampilkan di The Silk Road Theatre. The Domestic Crusaders adalah sebuah drama kritis yang ditulis oleh dramawan asal Amerika, Wajahat Ali.

“Perusahaan teater ingin memberi ruang pada komunitas yang jarang memiliki kesempatan menceritakan kisahnya, terutama di atas panggung,” kata Wakil Ketua Silk Road Institute, Bochra Manai dilansir di Radio Canada International, Senin (24/9).

Silk Road Institute merupakan sebuah kelompok nirlaba Muslim yang berdedikasi mempromosikan seni dan budaya di Kanada. Manai beranggapan kelompok Muslim perlu memiliki ruang untuk menceritakan kisahnya.

Mantan direktur Federasi Drama Quebec, Deborah Forde tidak ragu menampilkan drama yang berkisah tentang pengalaman islamofobia di Amerika Serikat (AS) pascaperistiwa terorisme 9/11. “Kami memiliki pertunjukan yang melihat isu besar, tetapi menceritakan dalam balutan keluarga,” ujar Forde.

Ia mengatakan penulis tidak pernah berupaya merayu atau menghasutnya untuk menerima naskah drama. Namun, penulis hanya mengenalkan satu keluarga untuk menunjukkan bagaimana mereka mengalami gejolak islamofobia.

“Penulis membiarkan kami memahami bagaimana rasanya berada di dalamnya (gejolak islamofobia),” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement