Senin 16 Apr 2018 11:23 WIB

Raja Salman Sumbang Rp 2,8 T untuk UNRWA dan Palestina

Bantuan finansial ini merupakan bentuk dukungan Saudi terhadap Palestina.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud menyumbangkan dana sebesar 150 juta dolar AS atau sekitar Rp 2 triliun kepada Wakaf Islam Yerusalem (WKI). WKI merupakan lembaga yang ditugaskan mengawasi tempat-tempat suci Islam di Yerusalem.

Selain WKI, Raja Salman pun menawarkan bantuan sebesar 50 juta dolar AS kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). Ia menyatakan bantuan finansial ini merupakan bentuk dukungan Saudi terhadap Palestina.

"Palestina dan rakyatnya ada di hati semua orang Arab dan Muslim," ujar Raja Salman ketika membuka KTT Liga Arab ke-29 di Dhahran, Saudi, pada Ahad (15/4), dikutip laman Anadolu.

Raja Salman mengatakan, dalam perhelatan KTT Liga Arab kali ini, pertemuan satu hari akan diberi nama "KTT Yerusalem". Hal ini sebagai penanda bahwa Yerusalem tetap menjadi pusat perhatian negara-negara Arab.

Pada Desember 2017, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. AS menjadi negara pertama yang melakukan hal tersebut.

Keputusan AS memicu protes dan kemarahan dari negara-negara Arab dan Muslim. AS dinilai telah melanggar dan menabrak berbagai resolusi internasional terkait Yerusalem.

Setelah pengakuan tersebut, Palestina menarik diri dari perundingan damai dengan Israel yang dimediasi AS. Palestina menilai AS tak lagi menjadi mediator yang netral dan dapat diandalkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement