Kamis 12 Apr 2018 11:36 WIB

Pesona Masjid Raya Zagreb

Eksperimen arsitektur modernis tampak jelas pada bagian kubahnya.

 Kompetisi Membaca Alquran Internasional ke-24 Kroasia berlangsung di Masjid Zagreb antara 28-30 September 2017 yang bertanggal 30 ulang tahun masjid terbesar di negara ini.
Foto: Yeliz Dagdevir
Kompetisi Membaca Alquran Internasional ke-24 Kroasia berlangsung di Masjid Zagreb antara 28-30 September 2017 yang bertanggal 30 ulang tahun masjid terbesar di negara ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Raya Zagreb secara keseluruhan mengikuti gaya bangunan masjid-masjid di zaman Kesultanan Turki Usmani. Ini tampak terutama dari bentuk menaranya yang runcing seakan-akan pensil raksasa. Menara tersebut memiliki tinggi 51 meter. Adapun eksperimen arsitektur modernis tampak jelas pada bagian kubahnya. Bentuk kubah tersebut adalah kerucut segitiga sama kaki.

Namun, kubah berwarna hijau-gelap ini dipe cah menjadi tiga. Masing-masing bagian nya tidak memiliki tinggi yang sama.

Kemudian, bagian yang menghadap kiblat lantas menjadi bagian mihrab dan dasarnya menyentuh permukaan tanah. Selain kubah, denah masjid ini juga menerapkan gaya khas modernis. Bentuk Masjid Raya Zagreb kalau dilihat dari angkasa mendekati oval.

Keindahan berlanjut ke bagian dalam Masjid Raya Zagreb. Masjid ini terdiri atas dua lantai. Pada pinggiran birai lantai dua, per mukaan dindingnya dilapisi keramik biru. Untaian kaligrafi ayat-ayat Alquran terpampang menawan pada keramik terse but.

Ada pula corak tanaman menjalar yang ikut menghiasi kaligrafi itu. Lantai di ruang an shalat Masjid Raya Zagreb dilapisi karpet hijau. Namun, itu ditambahi pula dengan belasan permadani merah yang termasuk produk khas Kroasia. Kemudian, bagian mihrab masjid ini lengkung dalam ku bah.

Di permukaan dindingnya, terukir kaligrafi ayat suci Alquran. Warnanya putih gading, sehingga menampakkan kesan elegan.

Meski mengusung tema modernis, Kompleks Masjid Raya Zagreb tidak sepi dari nuansa natural. Kompleks rumah ibadah ini berada di tengah kawasan padang rum put dan taman publik. Di arah barat daya, terdapat lahan yang ditumbuhi rimbun pepohonan. Adapun di sebelah utara, terdapat lapangan sepak bola yang terbuka.

Kemudian, di sisi timur terdapat lahan sayur-mayur yang diurus warga setempat.

Kompleks Masjid Raya Zagreb dilengkapi dengan pelbagai fasilitas publik. Di sebelah utara bangunan utama, ada Madrasah dr Ahmed Smaklovic, yang menyediakan pendidikan dasar hingga menengah.

Kemudian, ada pula bangunan perpustakaan, gedung administrasi dan balai pertemuan. Semua itu dikelola oleh Majelis Komunitas Islam Zagreb.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement