Ahad 07 Jan 2018 18:50 WIB

Kang Erick: Alquran Jangan Hanya Dihafal, tapi...

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Ustadz Erick Yusuf memberikan tausyiah dalam Kajian Islam Bulanan 'Membangun Indonesia dengan Alquran' yang diselenggarakan oleh PPPA Daarul Quran dan pengurus Masjid Abdurrahman Basuri, di Masjid  Abdurrahman Basuri, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu,  Sabtu (6/1).
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Ustadz Erick Yusuf memberikan tausyiah dalam Kajian Islam Bulanan 'Membangun Indonesia dengan Alquran' yang diselenggarakan oleh PPPA Daarul Quran dan pengurus Masjid Abdurrahman Basuri, di Masjid Abdurrahman Basuri, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Sabtu (6/1).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Ustaz Erick Yusuf mengajak umat Islam untuk tak sekedarmenghafal, namun juga memahami dan mengaplikasikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara itu, maka berbagai persoalan hidup yang dialami umatmaupun bangsa akan bisa teratasi.

 

Menurut Ustaz Erick, menghafal Alquran sangat penting untuk mengakrabkan diri dengan Alquran. Namun, jika tidak diiiringi dengan pemahaman, maka nilai dan pesan yang terkandung dalam Alquran akan lepas.

 

"Untuk memasukkan Alquran ke dalam hati, tidak hanya menghafal. Tapi harus memahaminya sehingga bisa mengaplikasikannya," kata Kang Erick, saat memberikan tausyiah dalam Kajian Islam Bulanan 'Membangun Indonesia dengan Alquran' yang diselenggarakan oleh PPPA Daarul Quran dan pengurus Masjid Abdurrahman Basuri, di Masjid  Abdurrahman Basuri, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu,  Sabtu (6/1).

 

Kang Erick mencontohkan, banyak orang yang melaksanakan shalat, namun maksiatnya tetap jalan. Padahal, shalat sesungguhnya bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar. Dia menilai, hal itu terjadi karena orang yang shalat itu tidakmemahami apa yang dibacanya dan hanya menjadikan shalat sebatas ritual yang tidak bisa membimbingnya.

 

Dikatakan Kang Erick, dalam hidup, semua orang pasti memiliki persoalan. Namun, persoalan tersebut sesungguhnya dihadirkan oleh Allah SWT untuk meningkatkan kualitas diri. Allah SWT pun hanya memberikan persoalan/ujian sesuai dengan kemampuan masing-masing hamba-Nya.

 

Untukitu, Ustadz Erick meminta agar umat harus tenang dan yakin saat menghadapi ujian. Pasalnya,  Allah SWT tidak akan member iujian yang tidak bisa ditanggung oleh hamba-Nya. "Jadi setiap manusia pasti bisa menyelesaikan masalahnya. Bersama kesulitan, ada kemudahan," tegas Kang Erick.

 

Namun, siapapun akan merasa kesulitan untuk menghadapi ujian dan menyelesaikan berbagai masalah jika tidak dibimbing Alquran. Dibutuhkan keyakinan bahwa jika Allah SWT memberikan persoalan, maka hanya Allah SWT juga yang bisa memberikanjalan keluarnya.

 

Sementaraitu, Kepala Cabang PPPA Daarul Quran Cirebon, Tri Ratnasari menjelaskan, acara Kajian Islam Bulanan itu digelar rutin oleh PPPA Daarul Quran setiap bulan. Dengan bertempat di Masjid Abdurrahman Basuri Indramayu, kegiatan itu dilaksanakan setiap Sabtu di minggu pertama setiap bulannya.

 

"Kami ingin menghidupkan dan memperbanyak kajian Islam di wilayah sini. Untuk siaran dakwah, tandas Tri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement