Rabu 08 Mar 2023 06:39 WIB

Wapres Motivasi PCINU Jepang Dakwahkan Islam Moderat

PCINU Jepang ingin membangun masjid di berbagai tempat.

Wakil Presiden Maruf Amin belum lama ini menerima tamu PCINU Jepang di kantornya.
Foto: Dok BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin belum lama ini menerima tamu PCINU Jepang di kantornya.

REPUBLIKA.CO.ID, KYOTO -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima audiensi Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang di Kyoto, Jepang, untuk membahas sekaligus mendorong pengembangan Islam moderat bagi Muslim di Negeri Sakura.

''Ini pertemuan Wapres dengan kader-kader PCINU di Jepang. Pertemuan ini lebih pada bagaimana teman-teman diaspora berbasis NU ingin mengembangkan jejaring Islam moderat di Negeri Sakura di Jepang,'' kata Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi usai mendampingi Wapres di Kyoto, Jepang, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga

Masduki mengatakan bahwa pengembangan kultur budaya dan agama di Jepang relatif aman, namun demikian NU tetap harus menyesuaikan dengan adat istiadat kultur setempat.

"Tadi juga ada semangat yang luar biasa dari kader-kader NU, tentang bagaimana jejaring NU di Jepang sudah terbentuk sampai ke tingkat-tingkat MWCI (Majelis Wakil Cabang Istimewa), bahkan ada rencana dari masing-masing MWCI semacam alamat kantor entah berupa kantor sementara atau mungkin ada semacam kantor tetap," ujar Masduki.

Dia mengatakan yang terpenting dari pertemuan itu adalah semangat bagaimana agar umat Islam Indonesia di Jepang yang jumlahnya kurang lebih berkisar 100.000 jiwa dapat terayomi paham Islam moderat.

"NU dalam hal ini bertanggung jawab untuk memberikan isian keislaman moderat itu. Tentu saja bukan hanya NU tapi juga Muhammadiyah dan lain-lain. Tapi karena ini yang berkumpul adalah kader-kader NU maka kemudian Wapres lebih menekankan bagaimana agar Islam moderat itu dikembangkan dengan sangat baik," kata dia.

Terlebih, sambung Masduki, NU sudah berusia satu abad, dan dalam memasuki abad keduanya, NU berikhtiar untuk go global.

"Go global ini bagaimana NU di Jepang mesti berkembang dan harus dikembangkan. Tentu saja tidak hanya di Jepang tapi di daerah-daerah lain, tapi konteks ini pak Wapres concern dengan masyarakat Islam di Jepang khususnya NU," katanya.

Adapun pada pertemuan itu PCINU Jepang juga mengharapkan untuk difasilitasi terkait upaya pengadaan masjid oleh PCINU di berbagai daerah di Jepang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement