Ahad 05 Feb 2023 17:00 WIB

Masjid Shah Faisal di Pakistan Jadi Daya Tarik Wisatawan Mancanegara

Masjid Shah Faisal memiliki arsitektur yang megah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Shah Faisal Islamabad, Pakistan.
Foto: Blogspot.com
Masjid Shah Faisal Islamabad, Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masjid Shah Faisal merupakan salah satu masjid terbesar di Pakistan. Masjid ini menarik perhatian pejabat asing dan wisatawan domestik pada umumnya karena keindahan arsitektur di jantung Perbukitan Margalla.

Dilansir di Daily Times, Ahad (5/2/2023), berbicara kepada APP, Zulfiqar Ali, warga G-9, mengatakan ia bersama keluarganya mengunjungi dan menunaikan shalat di Masjid Shah Faisal. Di mana arsitekturnya yang megah membuat mereka terpesona, karena dirancang dengan gaya yang sangat unik.

Baca Juga

“Kebersihan dan lokasi masjid yang berada di samping perbukitan Margalla menjadi sumber inspirasi bagi para pengunjung dan mereka senang shalat untuk menunaikan kewajiban agamanya. Musim dingin yang indah dan suasana damai juga menjadi faktor kunci perjalanan kami,” tambahnya.

Dia mengatakan pengaturan keamanan, toko buku dan makanan membuat hari mereka begitu menyenangkan dan luar biasa, meskipun cuaca dingin, orang-orang berkunjung dan merasa lega. Sebab setelah mendengar Adzan mereka dapat bersegera melakukan sholat di sana, karena latihan tersebut membuat mereka merasa lebih mendalami spiritual sekaligus segar.

Sajid Ali, seorang penduduk Karachi, mengatakan bahwa kunjungan ke masjid menunjukkan antusiasme religius wanita, anak-anak, dewasa muda, mahasiswa dari berbagai universitas dan orang tua.

Dia menekankan perlunya mengizinkan para wanita untuk masuk ke aula utama masjid. “Ada kebutuhan mendesak untuk lebih meningkatkan dan memodernisasi sistem kebersihan, pengaturan keamanan dan ketersediaan air panas untuk wudhu selama musim dingin," ujarnya.

Penting untuk disebutkan di sini bahwa Masjid Shah Faisal yang terletak di kaki Perbukitan Margalla, adalah salah satu bangunan paling masif dan klasik yang terletak di ibu kota. Dinamakan setelah dermawannya Faisal bin Abdulaziz Al Saud, masjid ini bukan hanya salah satu masjid terbesar di negara itu tetapi juga di dunia dan merupakan salah satu tempat wisata paling populer dan signifikan secara historis.

Raja Saudi Faisal memberikan hibah kolosal sebesar 120 juta dollar AS untuk pembangunan masjid di Pakistan ketika dia melakukan kunjungan bersejarah ke negara itu pada tahun 1966. Sebuah kompetisi untuk desain masjid diadakan, dan di antara 43 proposal otentik dari 17 negara, Rancangan arsitek Turki Vedat Dalokay untuk masjid dianggap layak memenangkan kontes.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement