Selasa 31 Jan 2023 17:49 WIB

FOZ, BMH dan UGM Sinergi Gelar Pelatihan Retrofitting di Cianjur

Cara Retrofitting tidak mengharuskan membangun rumah dari nol.

FOZ,  Laznas BMH dan Tim Mitigasi Bencana Fakultas Seni UGM  mengadakan Pelatihan Retrofitting Pemulihan Gempa Cianjur di Kampung Pasir Gombong, Desa Sukamulya Kecamatan Cugenang, Cianjur, Sabtu  (28/1/2023
Foto: Dok BMH
FOZ, Laznas BMH dan Tim Mitigasi Bencana Fakultas Seni UGM mengadakan Pelatihan Retrofitting Pemulihan Gempa Cianjur di Kampung Pasir Gombong, Desa Sukamulya Kecamatan Cugenang, Cianjur, Sabtu (28/1/2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forum Zakat (FOZ) bersama Laznas BMH dan Tim Mitigasi Bencana Fakultas Seni Universitas Gajah Mada (UGM) mengadakan Pelatihan Retrofitting Pemulihan Gempa Cianjur di Kampung Pasir Gombong, Desa Sukamulya Kecamatan Cugenang, Cianjur, Sabtu (28/1/2023).

"Pelatihan berlangsung di Masjid Darurat Ash Shofa. Harapannya masyarakat semakin teredukasi dalam hal pembangunan rumah agar dapat melakukan rekonstruksi bangunan dari struktur yang telah berdiri. Cara ini tidak mengharuskan membangun dari nol, sehingga dapat melakukan penghematan biaya," terang Koordinator Program BMH di Cianjur, Dhiyauddin.

Baca Juga

Lebih jauh, langkah ini penting, khususnya untuk bangunan rumah yang sering mengalami kerusakan dan mengetahui apa saja penyebabnya, agar rumah tidak mudah untuk hancur ketika terjadi gempa.

Selain memberikan edukasi secara teori, Laznas BMH dan Tim UGM juga memberikan edukasi secara praktik. Diharapkan agar warga dapat memahami konsep Retrofitting ini lebih mendalam lagi.

"Dari pelatihan ini semoga ke depannya mereka dapat membangun pondasi rumah yang sesuai konsep Retrofitting sehingga rumah-rumah tersebut tidak akan mudah untuk hancur dan roboh," imbuh Dhiyauddin.

"Dan, yang terpenting, warga dapat dengan aman dan nyaman tinggal di rumahnya kembali," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement