Jumat 06 Jan 2023 14:22 WIB

Demi Sholat Jumat, Muslim Rusia Berjibaku dengan Hujan Salju Berangin 

Sholat Jumat merupakan ibadah wajib bagi Muslim lelaki.

Potongan video suasana shalat Jumat dihantam hujan salju kencang di Moscow Rusia
Foto: Twitter
Potongan video suasana shalat Jumat dihantam hujan salju kencang di Moscow Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebuah video menampilkan suasana ratusan Muslim lelaki, bahkan lebih, di Moscow, Rusia, melaksanakan sholat jumat berjamaah pada 2 Januari 2023. Mengenakan mantel dan jaket tebal, mereka berdiri di area luar masjid ‘dihantam’ tiupan hujan salju berangin yang kencang.

Tampilan di video menunjukkan mereka mengadakan sholat Jumat di halaman Memorial Mosque On Poklonnaya Hill. Sempat terdengar kumandang adzan “Hayya Alas Shalah,” dua kali.

Video tersebut diunggah akun @Criter10n. Akun tersebut sempat mendapatkan pertanyaan dari pengguna twitter lainnya, mengapa mereka sholat jumat di halaman, tidak di dalam ruangan masjid. Kemudian @Criter10n menjawab, area dalam masjid sudah penuh.

Video tersebut menunjukkan antusias Muslim di Moscow untuk tetap mendirikan sholat Jumat, meskipun di sana sedang terjadi hujan salju yang luar biasa. Hal ini merupakan keteguhan dan kesungguhan mereka untuk menjalankan tradisi tersebut.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda,

ثَلَاثٌ لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِيْهِنَّ لَرَكَضُوْا رَكْضَ الْإِبِلِ فِي طَلَبِهِنَّ اَلْأَذَانُ وَالصَّفُّ الْأَوَّلُ وَالْغُدُوُّ إِلَى الْجُمُعَةِ

Ada tiga perkara yang seandainya semua orang mengetahui apa yang ada di dalamnya, tentu mereka akan lari seperti unta untuk memburunya. Ketiganya adalah azan, barisan paling depan, dan berangkat sholat Jumat lebih awal.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement