Jumat 02 Sep 2022 06:29 WIB

Indonesia Jadi Salah Satu Kiblat Fashion Muslim

Industri fashion Muslim sangat berkembang pesat.

Rep: Santi Sophia/ Red: Muhammad Hafil
 Indonesia Jadi Salah Satu Kiblat Fashion Muslim. Foto:  Model memperagakan busana muslimah (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Indonesia Jadi Salah Satu Kiblat Fashion Muslim. Foto: Model memperagakan busana muslimah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Industri fashion Muslim sangat berkembang pesat, termasuk di Indonesia. Bahkan Indonesia dilihat telah menjadi salah satu kiblat atau trendsetter modest fashion wear.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma mengatakan permintaan di dalam negeri sendiri sudah besar. Ternyata Indonesia juga menjadi rujukan atau salah satu pusat fashion Muslim.

Baca Juga

“Walaupun ada yang sangat bagus juga seperti Turki. Di New York, Malaysia itu kalau produk Indonesia keluar, selalu habis, di Eropa juga merupakan peluang karena Islam kian berkembang,” kata Yuana.

Brand-brand lokal yang naik daun juga dinilai perlu terus dibina dan dilindungi hak kekayaan intelektual agar tetap aman. Selain itu, menurut, jangan sampai hanya bertahan musiman, melainkan bagaimana terus berkelanjutan.

Yuana menambahkan ada setidaknya 16 brand lokal yang dianggap sebagai trendsetter, di mana koleksi yang dirilis selalu banyak diikuti. Melalui program Bangga Buatan Indonesia, pemerintah juga menargetkan 30 juta UMKM go digital di 2024.

Sekarang sudah sekitar 19 juta UMKM yang menjadi mitra Kemenparekraf. Pendampingan kepada UMKM ekonomi kreatif terus dilakukan agar berdaya saing dan berkembang di era digital.

Fashion terus menjadi salah satu kategori paling laris di Tokopedia. Selama semester I 2022, produk paling laris di subkategori fashion Muslim antara lain, gamis wanita, blus muslim dan hijab segi empat.

Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo mengatakan tingginya kebutuhan masyarakat akan produk fashion muslim dan modest mendorong Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk UMKM lokal. Tokopedia menghadirkan kampanye tahunan Muslim Fash Forward (MFF) hingga 9 September 2022.

“Terjadi peningkatan signifikan juga atas permintaan dari beberapa daerah seperti Palembang, Riau, Balikpapan dan lainnya,” kata Aldhy. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement