Sabtu 30 Jul 2022 22:15 WIB

1 Muharram Sebagai Transformasi Menuju Kebaikan

Tahun baru Islam untuk momentum kebaikan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
1 Muharram Sebagai Transformasi Menuju Kebaikan. Foto:   Ilustrasi Bulan di Tahun Hijriyah
Foto: Dom
1 Muharram Sebagai Transformasi Menuju Kebaikan. Foto: Ilustrasi Bulan di Tahun Hijriyah

REPUBLIKA.CO.ID,PARIAMAN-- Wali Kota Pariaman, Genius Umar, menghimbau kaum muslimin dan muslimat yang ada di Kota Pariaman, untuk memulai perubahan ke arah yang lebih baik lagi, terutama perubahan di bidang pendidikan, untuk memajukan Kota Pariaman menjadi kota yang cerdas, berbudaya, dan religius.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Genius Umar, di acara tausiah dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1  Muharram 1444 H, yang digelar di halaman balai Kota Pariaman, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga

"Jadikan momentum tahun baru Islam ini, sebagai tahun untuk memperbaiki diri, dan hijrah menuju kebaikan, sekaligus sebagai momentum untuk membangun Kota Pariaman, agar lebih maju lagi, baik dari segi pembangunan fisik atau non fisik secara bersama-sama, terutama di bidang pendidikan", kata Genius Umar.

Ia menjelaskan salah satu makna dari hijrah tersebut adalah sebagai proses transformasi dari zaman kebodohan menuju peradaban yang berpendidikan dengan teknologi canggih, yang sepenuhnya tercerahkan dalam konteks pembangunan. Hijrah ini juga bisa dimaknai, sebagai transformasi menuju peningkatan kesejahteraan seluruh elemen masyarakat Kota Pariaman yang maju dan berpendidikan.

 

Dalam kegiatan peringatan tahun baru hijriah di Pariaman ini, tampil sebagai penceramah adalah Ahmad Wira, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Padang.

Ahmad Wira menyebut dalam melakukukan perubahan, harus dimulai dengan mengucapkan shalawat nabi Allahumma sholli‘ala Muhammad wa‘ala ali Muhammad.

"Karena dengan bersholawat kepada Rasulullah, akan mendatangkan berkah kepada jamaah yang kita pimpin, begitu juga dengan pimpinan daerah, akan mendatangkan keberkahan kepada masyarakatnya. Kedua, dengan sholawat rasul akan diberikan safaat kepada kita semua," kata Ahmad Wira.

Ia menambahkan hijrah merupakan bagian dari momentum kita untuk melakukan perubahan kepada arah yang lebih baik lagi, yaitu untuk menguatkan komitmen keislaman, dan menguatkan tauhid keislaman kepada Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement