Rabu 06 Oct 2021 08:47 WIB

Empat Anjuran Membayar Zakat

Ada empat hal mengharuskan kita membayar zakat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Empat Anjuran Membayar Zakat. Foto: Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Empat Anjuran Membayar Zakat. Foto: Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala pada hambanya adalah untuk mengeluarkan  mengeluarkan zakat. 

Maka bagi seorang Muslim yang telah memenuhi ketentuan wajib zakat untuk mengeluarkan zakatnya sesuai syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syariat, baik itu zakat fitrah, zakat hasil profesi, zakat mal termasuk di dalamnya adalah zakat emas, perak dan logam mulia lainnya, perniagaan, hasil pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan serta lainnya. 

Baca Juga

Berikut anjuran mengeluarkan zakat sebagaimana dapat ditemukan di dalam kitab at Targib wat Tarhib.

1.Zakat membersihkan dan mensucikan harta dari hak mustahiq .

 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُ‌هُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَاللَّـهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ ﴿١٠٣﴾

Ambillah olehmu Muhammad dari sebagian hartanya orang-orang Islam yaitu zakatnya. Dengan zakat itu membersihkan dan mensucikan Muslim. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui," (Alquran surat At Taubah ayat 103).

2. Zakat bagian rukun Islam.

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : بُنِىَ الْاِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ اِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَاِقَامِ الصَّلَاةِ وَاِيْتَاءِالزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ.

Rasulullah ﷺ bersabda didirikan Islam atas lima pilar, yaitu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah dan sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusanNya, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, haji ke Baitullah, dan puasa pada bulan Ramadhan. (HR Bukhari dan Muslim).

3.Zakat menjaga harta.

Orang yang berzakat sejatinya tengah melindungi hartanya dari pemanfaatan yang sia-sia. Maka setiap harta yang dikeluarkannya untuk berzakat akan ditemukan ganjarannya di akhriat. Pada konteks bernegara, zakat telah terbukti mampu membentengi perekonomian suatu negara serta memberikan kesejahteraan bagi rakyat. 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : حَصِّنُوْاأَمْوَالَكُمْ بِالزَّكَاةِ وَزَوِّدُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ وَاسْتَقْبِلُوْاأَمْوَاجَ الْبَلَا ءِبِالدُّعَاءِ وَالتَّضَرُّعِ.

Rasulullah ﷺ bersabda, bentengilah hartamu dengan zakat, dan obatilah orang-orang yang sakit dengan sedekah, dan hadapilah semua gelombang bencana dengan doa dan memohon serta merendahkan diri kepada Allah. (HR. Abu Dawud).

4.Zakat membawa pada kemajuan.

Zakat itu sejatinya menjadi jembatan yang mengantarkan Muslim menuju kejayaan. Dengan zakat dapat memajukan perekonomian bangsa dan mensejahterakan umat. 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  إِنَّ تَمَامَ اِسْلَامِكُمْ أَنْ تُؤَدُّوْازَكَاةَ أَمْوَالِكُمْ.

Rasulullah ﷺ bersabda, Sesungguhnya kesempurnaan Islam kalian ialah sebab kalian mengeluarkan zakat harta kalian. (HR. Bazzar)

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:  اَلزَّكَاةُ قَنْطَرَةُ الْاِسْلَامِ.

Rasulullah ﷺ bersabda zakat itu adalah jembatan Islam (HR Thabrani).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement