Rabu 14 Jul 2021 03:49 WIB

Pemakaman Muslim Menyerupai Galaksi Ditemukan di Sudan

Para arkeolog di Sudan timur telah menemukan ribuan makam Islam abad pertengahan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Pemakaman Muslim yang menyerupai Galaksi ditemukan di Sudan.
Foto: Jurnal Plos One
Pemakaman Muslim yang menyerupai Galaksi ditemukan di Sudan.

REPUBLIKA.CO.ID, KHARTUM -- Para arkeolog di Sudan timur telah menemukan ribuan makam Islam abad pertengahan yang diatur dalam pola yang menyerupai galaksi. Pemakamannya tampak berkerumun di sekitar makam "induk" pusat.

Para ahli menemukan monumen pemakaman di negara bagian Kassala. Menurut sebuah pernyataan, tim peneliti internasional menggunakan citra satelit dan kerja lapangan untuk mengidentifikasi lebih dari 10 ribu makam yang membentang 1.600 mil persegi. Temuan ini baru diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Baca Juga

"Dengan mata telanjang, jelas bahwa makam yang berkerumun itu dikondisikan oleh lingkungan, tetapi makna yang lebih dalam mungkin tersirat dalam pengaturan spasial mereka," kata Stefano Costanzo, seorang arkeolog di University of Naples "L'Orientale," dan penulis utama jurnal tersebut, seperti dilansir dari laman Smithsonianmag.

Costanzo dan rekan-rekannya menggunakan proses Gugus Neyman-Scott—model yang awalnya dikembangkan untuk mempelajari pola spasial bintang dan galaksi—untuk menganalisis penguburan dan menentukan lokasi mereka. Jenis makam yang tercatat termasuk qubbas yang mencolok secara visual, yang sejarah dan desain arsitekturnya menjadi bahan perdebatan.

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement