Ahad 13 Jun 2021 15:11 WIB

Muktamar VII, Erman Suparno Terpilih Sebagai Ketum IPHI

IPHI memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga ukhuwah berbangsa

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) menyelenggarakan Muktamar ke-VII secara langsung dan virtual (online) yang dipusatkan di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (12/6).
Foto: IPHI
Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) menyelenggarakan Muktamar ke-VII secara langsung dan virtual (online) yang dipusatkan di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) menyelenggarakan Muktamar ke-VII secara langsung dan virtual (online) yang dipusatkan di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (12/6).

Untuk mengikuti peraturan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, sebelum memasuki ruang Muktamar, ratusan anggota IPHI yang hadir diwajibkan menjalani tes Covid-19 secara GeNose yang sudah dipersiapkan oleh Panitia Muktamar.

Hadir dalam Muktamar VII IPHI ini beberapa tokoh sentral seperti Ketua Dewan Kehormatan Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Ketua Dewan Pembina Erman Suparno, Dewan Penasehat Buya Basri Bermanda, Tamu Kehormatan MS. Kaban, Mayjen (Purn) Suroyo, Mayjen (Purn) Sumadi, Perwakilan Dari Pemerintah pusat serta Perwakilan Pemprov DKI Jakarta.

Hadir juga secara langsung pengurus wilayah IPHI dari Bengkulu, Sulawesi Utara, Jawa Barat, Maluku Utara, Lampung, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Dan beberapa Pengurus Daerah yg mewakili Kota di Jakarta, Menado, Bandung Barat, Kota Bandung, Cirebon, Tangerang selatan, serta beberapa pengurus wilayah dan daerah yang mengikuti secara virtual.

Ketua Panitia Muktamar VII IPHI Bambang Irianto, dalam sambutannya menjelaskan bahwa yang hadir secara offline adalah kebanyakan para senior dan pioner IPHI dengan mengusung tema Muktamar IPHI Tahun 2021 ini ialah 'Meningkatkan Kualitas dan Integritas Haji Untuk Kemaslahatan Bangsa dan Negara RI'. Sehingga IPHI, kata Bambang, memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga ukhuwah berbangsa dan bernegara dengan Memberikan suri tauladan Pengurus IPHI kepada Masyarakat luas dengan menebarkan akhlakul karimah sebagai wujud dari haji mabrur, karena nya eksistensi dan peran IPHI yang sudah berusia 30 tahunan dengan puluhan juta anggota di seluruh Indonesia ini sangat dinantikan.

"Muktamar ini kita laksanakan atas arahan dewan kehormatan, dewan pembina dan penasehat, serta sudah sesuai AD/ART dan peraturan organisasi yang merupakan kitab suci dalam berorganisasi. Undangan Muktamar juga telah panitia sampaikan kepada pengurus IPHI di 34 provinsi dan 136 pengurus tingkat kota dan kabupaten di seluruh Indonesia," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Terpilih pada Muktamar VII IPHI Erman Suparno menyatakan bahwa Muktamar merupakan sebuah mekanisme lima tahunan yang diselenggarakan untuk mempertegas visi dan misi IPHI, selain sebagai amanat organisasi yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan Khittoh para inisiator IPHI terdahulu.

"Ibarat pepatah IPHI seperti anak hilang yang harus segera dikembalikan ke induk dengan menyelenggarakan Muktamar, IPHI harus menatap ke depan sehingga dapat lebih besar berbuat kemaslahatan bagi umat, bangsa dan negara," ujarnya.

Muktamar VII IPHI ini resmi dibuka oleh Jenderal (Purn) Try Sutrisno sebagai Ketua Dewan Kehormatan IPHI. "Harapan saya IPHI ke depan harus dapat merangkul semua pihak, dan bekerja untuk rakyat dengan landasan amal, ini yang paling penting. Selain itu pengurus harus dapat bersaing dan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, misalnya dengan membuat sistem keanggotaan IPHI secara otomatis dan terpusat, sehingga peran IPHI dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia. Akhir kata dengan mengucapkan bismillahirrahmaanirrahiim, Muktamar VII IPHI Tanggal 12 Juni 2021 ini secara resmi saya buka," tutur Tri Sutrisno dalam siaran persnya. 

Informasi yang diperoleh Nasionalisme dari H. Dudung Badrun salah satu Sekretaris Steering Committee, Muktamar VII IPHI ini menghasilkan 9 keputusan, dalam putusan kesembilan tentang pengesahan hasil formatur yang menyusun personalia Pengurus Pusat IPHI periode 2021-2026 yang mengadopsi keterwakilan IPHI wilayah dan daerah. Adapun susunan pengurus sebagai berikut :

Dewan Kehormatan

Ketua : Jenderal TNI ( Purn) Tri Sutrisno

Dewan Pembina

Ketua : Prof DR. Nizar Ali, MA                                    Dewan Penasihat

Ketua : Buya Basri Barmanda.                           

Pengurus Pusat

Ketum : H. Erman Suparno

Waketum : H. Anshori, H. Kholil Umar Zen, H. Sugeng dan H. Jafar Alkatiri

Sekjen : H.A. Bambang Irianto

Bendum : Hj. Ciek Julyiati H

Ketua : H. Dudung Badrun

Ketua : H. Andi M Yusuf

Ketua : H. Cheppy Wahyu Hidayat

Ketua : Hj. Sri Ratna

Ketua : H. Budi Firmansyah 

Sementara untuk Kelengkapan perangkat Organisasi akan segera di umumkan dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement