Selasa 27 Apr 2021 15:05 WIB

Masjid Al-Maldi, Suar Budaya dan Ilmiah Bagi Penduduk Desa

Masjid Al Maldi merupakan masjid bersejarah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Al-Maldi, Suar Budaya dan Ilmiah Bagi Penduduk Desa
Foto: Arab News
Masjid Al-Maldi, Suar Budaya dan Ilmiah Bagi Penduduk Desa

REPUBLIKA.CO.ID, BAHA -- Masjid Al-Maldi merupakan salah satu bangunan bersejarah tertua di Desa Warisan Al-Mald, wilayah selatan Baha. Tempat ibadah ini dibangun pada 1364 H, setara dengan 1945 M dalam kalender Gregorian.

Bangunan bersejarah tersebut telah mendapat perhatian dari Proyek Renovasi Masjid Bersejarah di Saudi, milik Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Selasa (27/4), desa tersebut dibangun di atas perbukitan yang menghadap ke Lembah Al-Maldo, dengan dua benteng berdekatan dan menciptakan bentuk arsitektur yang khas.

Selain sebagai tempat shalat dan ibadah, masjid ini juga menjadi mercusuar budaya dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat desa setempat. Banyak kegiatan pembelajaran dan ceramah diadakan, termasuk belajar membaca dan menulis Alquran.

 

Masjid ini mampu menampung sekitar 34 jamaah dengan luas total 90 meter persegi. Tempat ini juga memiliki peran sosial yang menonjol bagi warga, utamanya dalam membahas urusan sehari-hari dan menyelesaikan masalah serta perselisihan yang ada.

Sekarang, masyarakat bisa kembali melaksanakan shalat di masjid yang terletak 3 km selatan kota Baha, di jalan menuju Provinsi Baljurashi. Konstruksinya bergaya Sarat, terdiri dari bebatuan tidak beraturan, sedangkan atapnya dari batang pohon juniper.   

sumber : Arab News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement