Senin 19 Apr 2021 20:10 WIB

Masjid Abad Ketiga Belas Kembali Dibuka usai Renovasi

Usai renovasi masjid abad ketiga belas kembali dibuka.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Abad Ketiga Belas Kembali Dibuka usai Renovasi
Foto: Saudi Gazette
Masjid Abad Ketiga Belas Kembali Dibuka usai Renovasi

REPUBLIKA.CO.ID,AL HOFUF -- Masjid Al-Habeish dari Abad Ketiga Belas telah dibuka untuk jamaah setelah direhabilitasi dan direnovasi sebagai bagian dari Proyek Muhammad Bin Salman untuk Renovasi Masjid Bersejarah di Kerajaan Arab Saudi, di mana 30 masjid di 10 wilayah akan dipulihkan dan direhabilitasi.

Masjid yang terletak di Al-Hofuf, Kawasan Timur ini merupakan salah satu masjid warisan tertua di kota. Masjid ini dianggap sebagai mercusuar keilmuan bagi siswa Al-Ahsa mengingat fakta bahwa Syekh Abdulaziz Al-Alji, yang merupakan salah satu ulama terkemuka di Al-Ahsa, belajar di dalamnya.

Baca Juga

Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur yang unik dengan serambi melengkung melingkar, yang dibangun dari batu kapur dan tanah liat. Atapnya terbuat dari kayu cendana, batang bambu dan tikar dan dibangun di atas lahan seluas 318 meter persegi dan menampung 80 jamaah sebelum proses rehabilitasi.

Masjid tersebut juga dilengkapi dengan mushola, pelataran 84 meter, toilet dan tempat wudhu, ruang imam, dan menara berbentuk bujur sangkar setinggi 5,48 meter. Saat ini, masjid setelah renovasi terdiri dari rumah shalat, pengasingan, Al-Sarha (halaman), menara, depot, tempat sholat wanita, toilet, dan tempat wudhu untuk pria dan wanita, dan dapat menampung hingga 90 jamaah.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement