Rabu 18 Apr 2018 15:39 WIB

Lotte Kembali Percayakan Baznas untuk Salurkan Bantuan

Bantuan sebesar Rp 100 juta berasal dari program Sedekah Bikin Untung Lotte Grosir.

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Kerja sama juga pernah dilakukan Baznas dan Lotte Grosir saat meresmikan Z-Mart di Lotte Mart beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kerja sama juga pernah dilakukan Baznas dan Lotte Grosir saat meresmikan Z-Mart di Lotte Mart beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali menyalurkan donasi pelanggan dari Lotte Grosir kepada para penerima manfaat asnaf fakir dan miskin. Bantuan yang terkumpul sebesar Rp 100 juta itu berasal dari program Sedekah Bikin Untung yang digelar Lotte Grosir.

"Lotte Grosir memercayakan pendistribusian bantuannya melalui Baznas," ujar Direktur Pendistribusian Baznas, Mohd Nasir Tajang saat acara Sedekah bikin Untung di Lotte Grosir, Pasar Rebo, Jakarta, Rabu (18/4).

Menurutnya, kerja sama penggalangan dana ini antara Baznas dan Lotte Grosir telah berjalan sejak Agustus 2017. Ini merupakan program penggalangan dana dari pelanggan Lotte Grosir yang menyumbangkan uangnya melalui kasir. Pelanggan dapat berdonasi dengan cara menyumbangkan sisa kembalian belanja atau menambahkan nominal donasi khusus.

"Baru beberapa bulan saja program berjalan, telah terhimpun dana kurang lebih 100 juta rupiah," ucap Nasir.

Pada 2017, donasi yang terhimpun telah disalurkan kepada para penerima manfaat di wilayah Lampung, Medan, Sumatera Utara dan Cirebon, Jawa Barat. Tahun ini, lanjut Nasir, donasi dari pelanggan Lotte Grosir akan disalurkan kepada para penerima manfaat yang tersebar di Jakarta, Depok dan Bogor.

Donasi diberikan dalam bentuk masing-masing satu unit rombong usaha, modal usaha, dan paket pendampingan usaha oleh Baznas.

Nasir menyebut, kerja sama program ini dilaksanakan karena Baznas ingin terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, baik untuk pembayaran infak dan sedekah maupun program-program penyalurannya. Program ini merupakan salah satu partisipasi masyarakat melalui Baznas dalam membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan.

"Melalui program ini, diharapkan semakin banyak orang yang berdonasi dan semakin banyak orang yang terbantu sehingga dapat keluar dari kemiskinan," kata Nasir.

Direktur Pemasaran PT Lotte Mart Indonesia, Evi Lionawan menambahkan tujuan kegiatan penyaluran donasi pelanggan ini adalah untuk menyosialisasikan program ini masyarakat. Sekaligus menyampaikan laporan penyaluran hasil donasi pelanggan Lotte Grosir.

Evi menjelaskan, Lotte Grosir bersama Baznas meluncurkan program donasi dari pelanggan untuk mustahik (penerima zakat) pada 8 September sampai 7 November 2017. "Program ini merupakan kerja sama BAZNAS dengan gerai-gerai Lotte Mart di Tanah Air," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement