Sabtu 31 Mar 2018 23:23 WIB

BAZNAS Kembangkan Wisata Zakat untuk Kenalkan Program

Salah satunya program Wisata Zakat dengan mengarungi Sungai Ciliwung

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Hazliansyah
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar program Wisata Zakat dengan mengarungi Sungai Ciliwung, Sabtu (31/3).
Foto: dok: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar program Wisata Zakat dengan mengarungi Sungai Ciliwung, Sabtu (31/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar program Wisata Zakat dengan mengarungi Sungai Ciliwung. Program yang diikuti para muzaki ini, bertujuan mengenalkan program BAZNAS serta mengajak lebih mencintai lingkungan.

Dalam wisata zakat kali ini, Deputi BAZNAS, M. Arifin Purwakananta mengenalkan lebih dekat program BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) dan Rumah Sehat BAZNAS (RSB) yang semakin membumi. Ini karena manfaat dan eksiatensinya yang kian dirasakan masyarakat.

"Ini adalah wisata zakat yang kedua, setelah yang pertama mengajak muzaki merasakan detak pemberdayaan pendidikan di Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB)," kata dia.

Dia menjelaskan, tahun ini Divisi Layanan Muzaki BAZNAS akan menyelenggarakan wisata zakat sebanyak 12 kali.

 

Kepala Divisi Layanan Muzaki BAZNAS, Tito Kurniawan memaparkan, para peserta yang ikut mencapai 54 orang yang terdiri atas dewasa, remaja dan anak-anak.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk transparansi yang disajikan kepada muzaki agar mereka mengetahui secara langsung dan memahami manfaat setiap donasi yang diberikan kepada BAZNAS," kata dia.

Tito berharap kegiatan ini bisa terus berjalan hingga tahun depan dengan pengenalan program yang berbeda-beda. Lokasinya pun lebih luas di kawasan Jabodetabek bahkan hingga menyentuh ke luar pulau.

"Semoga kami dapat terus bersinergi dengan lintas divisi maupun program agar dapat terlaksana wisata zakat lainnya dengan lebih maksimal dan memberikan dampak positif terhadap meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada BAZNAS," katanya.

Wisata zakat kali ini dikemas dengan aktivitas bertajuk "Arung Sungai Ciliwung" dan dimulai pukul 05.30 WIB hingga selesai. Peserta diajak mengarungi Sungai Ciliwung dengan perahu karet. Mereka juga diajak peduli lingkungan dengan aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung.

Peserta pun dikenalkan pada program RSB seperti pelayanan kesehatan warga bantaran Sungai Ciliwung dan pembagian hygiene kit. Tak hanya itu, tim BAZNAS Tanggap Bencana mengenalkan program Respon Kesiap-siagaan Banjir dan Happening Art Pelepasan Bibit Ikan untuk Kelestarian Sungai Ciliwung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement