Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Dompet Dhuafa Buka Gerai Ritel Pertama di Jabodetabek

Program ini bertujuan untuk meningkatkan berbagai sektor usaha mikro.

Rep: Novita Intan
Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dompet Dhuafa menggagas sebuah model program pemberdayaan berbasis minimarket (ritel) bernama Daya Mart. Program ini bertujuan untuk meningkatkan berbagai sektor usaha mikro yang sudah dikembangkan melalui program pemberdayaan Dompet Dhuafa.

Sponsored
Sponsored Ads

Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise, Iwan Ridwan mengatakan Daya Mart pertama kali berdiri di Padang, Sumatera Barat. Daya Mart sudah ada tujuh di Padang.

"Ini pertama kali Daya Mart buka di Jabodetabek, gerai pertama di Zona Madina, Parung Bogor," ujarnya saat acara Pembukaan Daya Mart Zona Madina, di Masjid Raya Al Madina, Bogor, Jumat (9/2).

Scroll untuk membaca

Menurutnya, melalui program Daya Mart di kawasan Zona Madina bisa membantu meningkatkan sebaran produk-produk ke masyarakat luas. Program Daya Mart juga menempatkan masyarakat miskin sebagai penerima manfaat program.

"Kami melakukan pembinaan para mustahik untuk belajar bisnis ritel, Daya Mart juga melakukan pembinaan terhadap warung atau kios yang berada di sekitar minimarket tersebut," ucapnya.

Pembinaan berupa manajemen dan modal usaha dalam bentuk suplai barang dengan harga yang lebih murah. Tujuannya agar terbentuk kemandirian kolektif dalam masyarakat.

Lebih jauh, ia mengatakan Daya Mart di Zona Madina Parung akan menjadi bagian dari model pengembangan dan penguatan ekonomi masjid di kawasan klaster mandiri Dompet Dhuafa Parung berbasis sosial bisnis. Hasil keuntungannya didonasikan untuk program-program pemberdayaan dhuafa sekitar.

"Target Daya Mart adalah dapat memfasilitasi outlet untuk produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau home industri yang diproduksi kelompok mandiri dampingan Dompet Dhuafa di kawasan Zona Madina dan sekitarnya," jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>