Jumat 02 Feb 2018 01:06 WIB

Dompet Dhuafa Kembangkan Food Bank di Asmat

Pos sehat ini akan dipantau selama tiga bulan.

Rep: mg01/ Red: Agus Yulianto
Program kesehatan Dompet Dhuafa (DD) di Asmat, Papua
Foto: dok. Dompet Dhuafa (DD)
Program kesehatan Dompet Dhuafa (DD) di Asmat, Papua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga filantropi Dompet Dhuafa saat ini tengah mengembangkan program Food Bank di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. Program tersebut berupa pengadaan pos sehat, fasilitas air bersih, lumbung pangan, dan perubahan perilaku sosial.

General Manager Program Kesehatan Dompet Dhuafa Dokter Rosita Rivai menjelaskan, pos kesehatan ini berupa pelayanan dan pendampingan masalah kesehatan bagi masyarakat Asmat. Pendirian pos ini akan dilakukan pada 12 Februari 2018.

"Kami sudah mensurvei sembilan lokasi, nanti dari tim ketiga (Dompet Dhuafa berangkat ke Asmat), saya sudah memastikan bahwa pos sehat itu sudah berdiri itu sudah bisa jalan," kata Rosita kepada Republika.co.id di Jakarta, Kamis (1/2).

Dia menambahkan, pos sehat ini akan dipantau selama tiga bulan yang relawannya berasal dari Jakarta, kemudian setelah itu yang mengisi pos sehat ini berasal dari masyarakat lokal. Dari situ kemudian akan dilanjutkan dengan penyediaan air bersih yang juga layak untuk dikonsumsi, lalu, dibuat juga lumbung pangan, yang membuat pertanian, perkebunan, dan pengelolaan bahan makanan bagi masyarakat Asmat.

Rosita mengatakan, selagi ketiga program dari Food Bank itu berjalan, Dompet Dhuafa juga berusaha untuk bisa merubah kebiasaan masyarakat Asmat agar bisa lebih hidup sehat. Selain itu juga akan dilakukan program energi terbarukan, yang memanfaatkan dengan mengolah sumber daya alam untuk dijadikan energi terbarukan dengan memanfaatkan teknologi.

"Kami sangat terbuka kerja sama dengan LAZ (lembaga amil zakat) atau lembaga lain, di Timika itu beberapa laz sudah mengajak kami kerjasama. kita bareng yang penting tujuannya kan untuk masyarakat," kata Rosita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement