Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

SMP Cendekia Baznas Gelar Pelatihan Motivasi Persiapan UN

Senin 22 January 2018 10:57 WIB

Red: Irwan Kelana

Trainer Husein Sutisna memberikan pelatihan motivasi persiapan menghadapi Ujian Nasional kepada para siswa SMP yang berlokasi di sekitar SMP Cendekia Baznas, Bogor, Ahad (21/1).

Trainer Husein Sutisna memberikan pelatihan motivasi persiapan menghadapi Ujian Nasional kepada para siswa SMP yang berlokasi di sekitar SMP Cendekia Baznas, Bogor, Ahad (21/1).

Foto: Dok SCB
Pelatihan tersebut diikuti 100 siswa SMP yang berlokasi di sekitar SCB.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sekolah Cendekia Baznas (SCB)  mengadakan Pelatihan Motivasi Persiapan Ujian Nasional, Ahad (21/1). Acara yang   dihadiri oleh 100  siswa SMP sekitar SCB  itu digelar di SMP Cendekia Baznas, Bogor, Jawa Barat.

Pelatihan motivasi ini mengangkat tema "Menyongsong Kesuksesan menghadapi Ujian Nasional". Nara sumber adalah trainer  Husein Sutisna.

Saat  ditanya apa yang mereka pikirkan tentang Ujian Nasional (UN), semua peserta sontak menjawab  "takut" dengan mimik wajah yang suram. Husein menegaskan, "Ujian itu tidak bisa dihindari, maka kita harus hadapi!"

 

Ia lalu memberikan beberapa tips  cara yang dapat dilakukan siswa untuk mengurangi rasa takut dalam menghadapai ujian. Salah satu tipsnya adalah mulai mengubah cara berpikir siswa dalam menghadapi ujian.

“Bukan seberapa besar dan menakutkan ujian yang akan kita hadapi, tapi seberapa besar kemampuan kita untuk menghadapi,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (22/1).

Husein mengajak  siswa untuk fokus terhadap diri sendiri, bukan fokus terhadap apa yang akan terjadi nanti. Fokus untuk mempersiapkan  ujian dengan belajar, berdoa, dan berbakti kepada orang tua.

 

Siswa juga diminta untuk percaya diri pada kemampuan mereka masing-masing. Trainer menampilkan video tentang orang-orang disabilitas yang mampu meraih prestasi di berbagai bidang. "Mereka saja bisa, apa lagi kita!" tantang Husein kepada para siswa.

    

"Pelaut tidak lahir di ombak yang tenang, tapi ia lahir di ombak yang pasang. Begitu pula dengan siswa yang sukses. Tidak ada siswa yang sukses, tanpa menempuh ujian-ujian besar," kata Husein yang disambut dengan tepuk tangan meriah siswa.

Kegiatan ini ditutup dengan kontemplasi yang dilakukan trainer untuk meningkatkan spiritual mereka dengan cara mengingat Allah yang Mahabesar, yang mampu memudahkan segala ujian yang menimpa hamba-Nya. "Masalah yang besar, aku punya Allah Yang Mahabesar" tambah Husein menguatkan.

Pada sesi ini juga siswa diajak untuk mengingat jasa kedua orang tua mereka yang telah banyak mengeluarkan keringat, harta dan seluruh yang mereka miliki demi pendidikan anaknya.

Kepala SMP Cendekia Baznas Sri Nurhidayah mengemukakan, Ujian Nasional  bukan hanya mengejar predikat lulus namun hikmah tentang kejujuran dan membangun karakter menjadi hal penting. Bagi sebagian besar sekolah yang cukup memiliki sumber daya, pelatihan motivasi menjelang UN menjadi modal yang diberikan kepada seluruh siswa.

“Menyadari hal inilah SMP Cendekia Baznas sengaja mengadakan kegiatan pelatihan motivasi UN untuk memeberikan kesempatan sekolah-sekolah yang belum pernah mendapatkan pelatihan serupa, merasakan dan membagikan semangatnya kepada teman-temannya. Insya Allah,” tutur Sri Nurhidayah.

SMP Cendekia Baznas (SCB), berlokasi di Ahbabullah Center, Kampung Cirangkong, Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, merupakan SMP bebas biaya. Sekolah berasrama tersebut menerima 60 siswa puta dan putri setiap tahun.

SCB didirikan dengan wakaf tanah dari Yayasan Siti Hajar Sudjai dan seluruh gedung waqaf dari Qatar Charity Indonesia. Seluruh operasional sekolah dibiayai oleh Baznas. Saat ini SMP Cendekia Baznas sedang membuka pendaftaran sampai 29 Januari 2018. Informasi dapat diilihat di http://www.cendekiabaznas.sch.id/.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pemprov DKI Jakarta akan Tambah Jalur Sepeda

Selasa , 20 February 2018, 20:09 WIB