Selasa 16 Jan 2018 15:13 WIB

Baznas Milad ke-17, Kemenag Apresiasi Peningkatan Zakat

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Baznas
Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama memberikan apresiasi kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang terus meningkatkan pengumpulan dan zakat dari tahun ke tahun. Hal ini disampaikan Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin dalam rangka Milad Baznas ke-17.

"Selamat ulang tahun Baznas yang ke-17. Bahwa Baznas sekarang Alhamdulillah kita beri apresiasi karena peningkatan dari pendapatan yang diperoleh dari tahun ke tahun," ujar Muhammadiyah saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (16/1).

Menurut Muhammadiyah, di bawah kepemimpinan Bambang Sudibyo, saat ini Baznas telah berkembang secara signifikan. Ia pun berharap kedepannya pengumpulan zakat yang dilakukan Baznas semakin meningkat dan penyalurannya bisa terus dilakukan secara inovatif.

"Tampaknya ini di bawah kepemimpinanya Pak Bambang Sudibyo menunjukkan signifikansi yang tinggi dan kami berharap ke depannya juga lebih bagus lagi," ucapnya.

Untuk membantu peningkatan pengumpulan zakat itu, tambah dia, pihaknya saat ini akan membantu agar konsep Inpres Nomor 3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat bisa ditingkatkan menjadi Perpres. Dengan demikian, kewajiban zakat bisa dilakukan secara lebih mengikat.

"Apalagi sementara di kementerian baru akan memperoses peraturan baru berkaitan dengan konsep inpres," katanya.

Sebagai informasi, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (Milad) ke-17, Baznas juga mendapat kado istimewa. Lembaga pemerintah non struktural ini memperoleh sertifikat ISO 9001:2015, sebuah sistem manajemen berstandar global dari Worldwide Quality Assurance (WQA).

Semoga dengan meraih sertifikat ISO ini, operasional Baznas semakin tertib, tertata, jelas alur proses, tugas dan tanggung jawab amil. Sehingga Baznas makin baik pula dalam melayani mustahik, muzaki dan masyarakat pada umumnya, ujar Wakil Ketua Baznas, Zainulbahar Noor di sela-sela peringatan Milad ke-17 Baznas di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (16/1).

Kegiatan ini dihadiri Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin, mantan Ketua Umum Baznas Achmad Subianto, dan Prof Didin Hafidhuddin, Deputi Baznas M Arifin Purwakananta, Sekretaris Baznas Jaja Jaelani, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag HM Fuad Nasar, serta jajaran direksi dan manajemen serta para amil-amilat Baznas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement