Ahad 07 Jan 2018 21:13 WIB

Sedekah Berbasis Online Diminati Ribuan Donatur

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Budi Raharjo
Sedekah online
Foto: Daqu
Sedekah online

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Sedekah berbasis online yang diinisiasi PPPA Daarul Quran (Daqu) menarik minat ribuan donatur dunia maya. Sepanjang tahun 2017, sedekah online dari situs sedekahonline.com berhasil menghimpun donasi sebesar Rp 2,1 miliar yang dikumpulkan dari kurang lebih 8.000 donatur.

Direktur Eksekutif PPPA Daqu, Tarmizi mengatakan, Sedekahonline.com merupakan layanan sedekah digital yang diinisiasi oleh PPPA Daarul Qur'an. Ini untuk memudahkan donatur menyalurkan donasinya pada sejumlah program unggulan dan reguler yang bisa di akses kapan saja dan di mana saja.

"Kita kembangkan sejak setahun yang lalu, pada Ramadhan tahun lalu, pengembangannya sekitar lima bulan lalu bersama teman-teman Paytren," ujar dia saat dihubungi Republika, Ahad (7/1).

Tarmizi menjelaskan, memasuki era digital, inisatif membuat platfrom sedekahonline.com untuk memudahkah para donatur menyalurkan dananya pada sejumlah program yang diinisiasi Daarul Quran. Kini, lanjut dia, para donatur bisa menyalurkan donasi dengan mudah lewat perangkat komputer ataupun telepon cerdas tanpa harus meninggalkan tempat duduk.

Tarmizi pun menyatakan respons masyarakat atas sedekahonline.com cukup tinggi. Kini banyak donatur yang beralih menyalurkan sedekah dari cara konvensional ke layanan digital. "Efektif, alhamdulillah perkembangannya cepat untuk online, lebih cepat kemajuan daripada yang konvensional," jelas dia.

Dana yang terhimpun dari sedekahonline.com disalurkan dalam sejumlah program unggulan dan reguler seperti pembangunan jembatan kehidupan yang melintasi Sungai Cimanciri di Parung Panjang. Lalu pembangunan 500 rumah sementara di Rohingya, pembangunan Kampung Qur'an di beberapa daerah serta pemberian beasiswa bagi para penghafal Alqur'an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement