Ahad 15 Oct 2017 05:57 WIB

Makin Diulang Makin Asyik

Santri Rumah Tahfidz Takhassus III Cimanggis, Depok.
Foto: Daqu
Santri Rumah Tahfidz Takhassus III Cimanggis, Depok.

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK -- Dan sungguh Kami telah mudahkan Alquran untuk diingat (dihafal). Adakah orang yang mengambil pelajaran?" (QS Al-Qamar:17).

Sesaat tiba di Pesantren Takhassus III Cimanggis, Depok (30/9), seorang santri sedang me-muroja’ah hafalannya, begitu khusyuk ia melantunkan ayat demi ayat suci Alquran. Muhammad Isyraq namanya, santri Rumah Tahfidz Takhassus III Cimanggis asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Setelah lulus dari MTs Daarul Qur’an Lampung, anak pertama dari empat bersaudara ini memutuskan untuk fokus menghafal quran meski jauh dari kedua orang tua. "Ini sebagai wujud cinta kepada quran dan orang tua sekaligus memberikan contoh kepada adik-adik," ujar Isyraq.

Program Takhassus merupakan program full beasiswa yang ditempuh dalam tiga tahun. Tahun pertama para santri fokus menambah hafalan sampai khatam 30 Juz. Tahun kedua lanjut ke muroja’ah (mengulang-ulang hafalan) dan di tahun ketiga mengikuti program paket C (setara SMA).

Satu hari, santri wajib menyetorkan hafalan minimal 5 halaman di waktu-waktu yang sudah ditentukan oleh pengasuh. "Bakda Subuh adalah waktu favorit untuk menambah hafalan," kata Isyraq menambahkan.

Anak dari seorang montir bengkel motor ini memiliki metode sendiri dalam menghafal Alquran. Ia biasa membaca terlebih dahulu bagian quran yang ingin dihafal, minimal 10 kali. Lalu, dihafal ayat per ayat dan seterusnya.

Alhamdulillah dari metode tersebut ia sudah mengantongi hafalan 23 Juz terhitung sejak ia di Daarul Qur’an Lampung. "Alhamdulillah, program ini terlaksana berkat dukungan para donatur melalui sedekah di PPPA Daarul Qur'an." Ujar Soleh, Pengurus Rumah Tahfidz Center PPPA Daarul Quran.

Saat ini, PPPA Daarul Quran membina 6 pesantren takhassus dengan total 210 santri. "Ini adalah bagian dari ikhtiar mencetak generasi Qur’ani, serta membangun Indonesia dengan Alquran," ujar Soleh.

Tak terkecuali Anda, dukungan Anda pada program-program pendidikan berbasis Tahfizhul Qur’an, yang Anda amanahkan melalui rekening BCA 6030308041 atau melalui link Program https://s.id/BeasiswaTakhassus turut menciptakan generasi muda pemimpin di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement