Rabu , 20 September 2017, 08:32 WIB

Semarak Zikir Akbar 1 Muharram di Serambi Makkah

Red: Agus Yulianto
AP/Achmad Ibrahim
Pawai tahun baru Islam (Ilustrasi)
Pawai tahun baru Islam (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Syariat Islam akan menggelar zikir akbar 1 Muharram 1436 Hijriah pada Kamis (21/9) malam. Zikir akbar dalam rangka memeringati tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H ini, dipusatkan di Lapangan Blangpadang.

"Zikir akbar digelar bekerja sama dengan Majelis Zikir dan Pengajian Gemilang," kata Kepala Bidang Pengembangan Syariah Dinas Syariah Islam Kota Banda Aceh Hafsah Puteh di Banda Aceh, Rabu (20/9).

Zikir akbar dimulai bakda atau usai shalat isya sekitar pukul 20.30 WIB. Zikir akbar terbuka untuk umum dan diperkirakan dihadiri ribuan orang.

"Kami mengundang seluruh masyarakat Kota Banda Aceh menghadiri dan mengikuti zikir akbar. Jamaah yang hadir diharapkan mengenakan pakaian serba putih," ajak Hafsah Puteh.

Hafsah menambahkan, zikir akbar mengusung tema "Mari Wujudkan Banda Aceh sebagai Kota Zikir". Zikir akbar dipimpin Tgk Syukri Daud, pimpinan Dayah Raudhatul Hikmah Al Waliyah, Pango, Ulee Kareng, Banda Aceh. Selain zikir, sebut dia, kegiatan tersebut juga diisi dengan tausiah yang akan disampaikan Tgk Muhammad Hatta.

Hafsah Puteh menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan program Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yang ingin mewujudkan ibu kota Provinsi Aceh tersebut sebagai kota zikir.

Sebelumnya, Aminullah Usman meresmikan Majelis Zikir dan Pengajian Gemilang (MPG) yang akan melakukan zikir dan pengajian rutin setiap Jumat malam di Pendopo Wali Kota Banda Aceh. "Bertepatan 1 Muharram, kami mengajak seluruh warga kota berbondong-bondong ke Lapangan Blangpadang. 1 Muharram merupakan sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah," kata Hafsah Puteh.

Peringatan 1 Muharram tingkat Kabupaten Aceh Besar juga akan diisi dengan penampilan haflah Alquran dan ceramah di Masjid Nurul Falah Kemukiman Klieng, Kecamatan Baitussalam, Kamis (21/9) malam. Menurut Plt Kadis Syariat Islam Kabupaten Aceh Besar, Carbaini, haflah Alquran tersebut akan diisi oleh qari terbaik yakni Ustad H Taqdir Feriza Hasan, Ustad T Mardhatillah dan Ustad Mahlil M Jamil.

"Mereka merupakan qari terbaik Aceh Besar dan telah menorehkan banyak prestasi," katanya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung usai Shalat Isya di kompleks Masjid Nurul Falah Kemukiman Klieng Kecamatan Baitussalam pada Kamis malam. Adapun ceramah agama peringatan 1 Muharram akan disampaikan oleh Tgk H Husaini A Wahab yang juga Wakil Bupati Aceh Besar.

Ia menambahkan peringatan Tahun Baru Islam 1439 H tersebut diawali dengan makan malam bersama dan silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan masyarakat. "Kami mengajak seluruh kaum muslimin untuk dapat menghadiri peringatan Tahun Baru Islam tersebut untuk syiar dan gaung Islam di Kabupaten Aceh Besar. Pada peringatan Tahun Baru Islam kali ini di setiap masjid, meunasah dan musalla juga akan melakukan zikir serta doa bersama," kata Carbaini.

Sumber : Antara