Selasa , 26 September 2017, 17:28 WIB

Kado Ulang Tahun Jenahara untuk Pengungsi Rohingya

Red: Dwi Murdaningsih
pkpu
Jenahara menggalang dana kemanusiaan untuk Rohingya dan disalurkan melalui PKPU Human Initiative.
Jenahara menggalang dana kemanusiaan untuk Rohingya dan disalurkan melalui PKPU Human Initiative.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Hari ulang tahun tidak mesti dirayakan dengan kue, lilin, balon ataupun hura-hura lainnya. Designer muda, Jenahara mensysukuri hari lahirnya dengan menunjukkan rasa kepedulian terhadap korban konflik di Myanmar. Melalui Kitabisa.com, wanita dengan nama lengkap 'Nanida Jenahara Nasution' itu mengumpulkan kepedulian masyarakat khususnya para netizen untuk membantu pengungsi Muslim Rohingya.

Jenahara dan Manajemen Kitabisa.com langsung mendatangi Kantor Pusat PKPU Human Initiative untuk menyerahkan donasi netizen yang telah terkumpul. Total donasi sebesar Rp 135.878.197 dipercayakan kepada PKPU Human Initiative sebagai salah satu anggota Aliansi Kemanusiaan Indonesia  Untuk Myanmar (AKIM) yang diresmikan oleh Pemerintah Indonesia (25/9).

“Alhamdulillaah, terimakasih kepada para netizen yang telah mendukung dalam mewujudkan kepedulian ini. Sebanyak 607 orang yang telah mau membantu saya mewujudkan kado terbaik saya untuk Rohingya. Mudah-mudahan Allah membalas kebaikan kalian semua, menambah rizkinya. Bersama-sama kita bisa memberikan yang terbaik untuk saudara-saudara kita di Rohingya," ujar Pencetus Hijabers Community Indonesia tersebut.

Penyerahan donasi tersebut diterima langsung oleh Partnership Director PKPU-HI, Andjar Radite. Ia mengapresiasi inisiatif baik yang dilakukan oleh Jenahara.

“Saya kira ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. Terimakasih kami sampaikan kepada Jehan (panggilan akrabnya) dan para netizen yang sudah mau ikut peduli dengan kondisi saudara kita, muslim rohingya. Bantuan ini sangat membantu dalam memaksimalkan program-program kami disana (Myanmar dan Bangladesh lokasi pengugsian),” ujar Andjar.

Menurut Andjar, sejak tahun 2012, PKPU Human Initiaive telah melakukan berbagai program untuk menyelamatkan muslim Rohingya. Hingga saat ini, sudah puluhan kali PKPU-HI mengirimkan Tim Kemanusiaan untuk menyelamatkan mereka.

“Perjuangan kami dalam upaya menyelamatkan mereka bukan proses yang sebentar. Sekian lama kami berupaya akhirnya dapat melakukan diplomasi dengan pemerintah setempat sehingga kami mendapat izin untuk melaksanakan berbagai program disana,” ujar dia.

Tidak hanya bantuan makanan, PKPU Human Initiative juga menyalurkan bantuan para donatur dalam berbagai aspek lain seperti pendidikan dengan membangun sekolah, kesehatan dengan membangun klinik, perlindungan dengan membangun shelter, serta memeperhatikan sanitasi dengan membangun toilet dan pompa sumur air bersih.

Berita Terkait