Rabu 20 Sep 2017 19:40 WIB

Baznas Sumbar Himpun Rp 100 Juta untuk Korban Banjir Solok

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno melakukan kunjungan kerja ke daerah terdampak banjir bandang yang melanda Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kabupaten Solok Selatan pada Rabu (20/9).
Foto: pemprov sumbar
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno melakukan kunjungan kerja ke daerah terdampak banjir bandang yang melanda Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kabupaten Solok Selatan pada Rabu (20/9).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatra Barat menghimpun bantuan sebesar Rp 100 juta untuk disalurkan kepada korban banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan, Sumbar. Bantuan yang sebagian besar berasal dari zakat pegawai di lingkungan pemprov tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno kepada perwakilan korban banjir bandang di Nagari Pakan Rabaa Tangah, Solok Selatan.

 "Sebelumnya sudah ada bantuan dari Dinsos, Dinas Pangan, BPBD, Bank Nagari, dan para donatur lainnya," ujar Irwan, Rabu (20/9).

 

Irwan sendiri melakukan kunjungan kerja ke daerah terdampak banjir bandang yang melanda Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kabupaten Solok Selatan hari ini. Dalam kunjungannya, Irwan memberikan instruksi kepada Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terkait penanganan bencana banjir bandang yang masih berlangsung. Meski banjir bandang terjadi pekan lalu, namun sejumlah warga masih membersihkan sisa lumpur di tempat tinggalnya.

 

Selain memberikan instruksi terkait penanganan bencana, Irwan juga mengingatkan Pemkab Solok Selatan untuk mulai menginisiasi langkah-langkah antisipatif untuk meminimalisir dampak bencana yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang.

 

"Perlu dipikirkan upaya yang harus dilakukan agar banjir bandang bisa diantisipasi sedini mungkin dampaknya," ujarnya

 

Dalam kunjungan tersebut Irwan juga menyempatkan dialog dengan masyarakat terdampak banjir, menyerap masukan-masukan dari korban banjir, serta memberikan santunan.

 

"Agar dapat meringankan beban mereka, semoga bermanfaat," katanya.

 

Banjir bandang melanda Kanagarian Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan pada Kamis (14/9) lalu. Banjir bandang tersebut menerjang sedikitnya 138 rumah. Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 160 kepala keluarga (KK) atau 571 jiwa terdampak banjir bandang yang melanda Jorong Bancah Anak Lolo, Batang Lolo Atas, Batu Kulambai, dan Batang Lolo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement