Kamis , 14 September 2017, 17:15 WIB

Penghimpunan Zakat di Palangkaraya Ditargetkan Capai Target

Red: Agung Sasongko
Antara
Zakat
Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Badan Amil Zakat Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan dapat menghimpun minimal Rp800 juta selama periode Januari-Desember 2017.

"Target tersebut sudah hampir tercapai. Namun saya lupa angka pasti capaian sampai saat ini. Kami pun optimis capaian penghimpunan tahun ini akan melampaui target," kata Kepala BAZ Kota Palangka Raya, Supriyanto saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Kamis (14/9).

Dikatakan, penghimpunan dana tersebut dilakukan melalui penerimaan zakat dan infak baik dari masyarakat perorangan, kelompok, swasta maupun pegawai pemerintahan. Dia mengatakan, sampai saat ini dana yang terhimpun didominasi zakat profesi dari para guru di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kota Palangka Raya.

"Sementara himpunan dana dari ASN di lingkunangan Pemerintah Kota Palangka Raya perkembangannya lambat," kata Supri.

Keadaan ini, lanjut dia, karena sebagian pegawai mengaku telah menyalurkan zakat dan infaknya secara langsung dan sebagian lainnya menyalurkan melalui badan amil zakat di sekitar lingkungan tempat tinggal.
Selanjutnya, pria yang juga sebagai Plt Kepala BPBD "Kota Cantik" Palangka Raya ini mengungkapkan, sejumlah dana yang berhasil di himpun juga telah disalurkan kepada masyarakat sasaran.

"Sebagian dana telah kita salurkan melalui program paket sembako duafa pada Ramadhan lalu. Kemudian juga melalui program beasiswa pendidikan, sunatan massal termasuk bantuan insidental seperti bantuan biaya berobat untuk warga kurang mampu," katanya.

Terakhir, lanjut dia, penyaluran dana yang berhasil di himpun juga dilakukan melalui program bantuan bergulir untuk pelaku UKM dengan besaran Rp1-3 juta rupiah per orang.

Sementara itu, sebelumnya, Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mengajak ASN, Badan Usaha Milik Daerah dan instansi pemerintah vertikal mendukung BAZ dalam pengelolaan potensi Zakat.

Dia pun berharap seluruh potensi zakat ada di wilayah Kota Palangka Raya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu melalui program BAZ Kota Palangka Raya.

Sumber : Antara

Berita Terkait