Sabtu 02 Sep 2017 20:50 WIB

Kemenpora Gandeng Baznas Kelola Kurban

Penyembelihan hewan kurban UPZ Kemenpora dan BAZNAS  di  Pondok Pesantren Al Mubaarak RT 02/06, Kampung Cibeureum, Desa Cibatok II, Kabupaten Bogor.
Foto: baznas
Penyembelihan hewan kurban UPZ Kemenpora dan BAZNAS di Pondok Pesantren Al Mubaarak RT 02/06, Kampung Cibeureum, Desa Cibatok II, Kabupaten Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID,⁠⁠⁠ JAKARTA -- Unit Pengelola Zakat (UPZ) Kemenpora bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Sinergi ini dilakukan bertepatan dengan momen perayaan Hari Raya Iduladha 1438 H melalui pengelolaan hewan kurban di sejumlah daerah.

"Dalam rangka meningkatkan syiar Islam, sebaiknya kurban tahun ini diprioritaskan di luar kantor. Silahkan pilih lokasi permukiman penduduk di luar kantor yang cocok. Para pegawai Kemenpora, termasuk kawan-kawan sekuriti misalnya, silahkan kita minta untuk mengelola kurban itu sehingga masyarakat dapat langsung merasakan manfaatnya," demikian arahan yang sebelumnya telah disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi kepada Pengurus DKM Mesjid Pemuda Al Muwahiddin, sekaligus pengurus UPZ Kemenpora.

Hewan kurban tahun ini akan disalurkan kepada warga di Bekasi, Tegal, Kabupaten Bogor dan Tangerang Selatan. Adapun penyelenggaraan kurban untuk wilayah DKI Jakarta berlokasi di kawasan Kebon Jeruk, Kramat Raya, dan Matraman.

Sementara di kantor Kemenpora sendiri penyembelihan hewan kurban rencananya akan berlangsung pada Hari Senin (4/9) atau bertepatan dengan hari ke-3 tasyriq.

 

Meski saat ini Ketua UPZ Kemenpora, Imam Gunawan sedang melangsungkan ibadah haji, namun rangkaian proses persiapan dan pelaksanaan qurban terus berjalan dengan kepanitiaan yang sudah ada.

"Semoga tahun depan UPZ Kemenpora dapat lebih optimal mengelola qurban. Para pemuda dapat kita berdayakan juga, melalui wadah Sentra Pemberdayaan Pemuda di seluruh provinsi, umpamanya, sinergi dengan pengurus/pemuda mesjid. Tahun ini UPZ kita mulai start , Alhamdulillah," harap Imam Gunawan yang menyempatkan memantau kegiatan ini di tengah tengah aktivitas menjalankan ibadah di tanah suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement