Selasa 22 Aug 2017 19:12 WIB

Baznas Jabar Berdayakan Mustahik Pelatihan Marketing Online

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ilham Tirta
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Baznas Jawa Barat menggelar pelatihan internet marketing untuk para mustahik. Pelatihan ini diberi nama Youth Enterpeneur School (YES) dengan model karantina selama 10 hari memadukan konsep pelatihan mindset ruhiyah, mindset bisnis, dan skill marketing online yang bertempat di Inkubasi Pemberdayaan Baznas Jabar yang berada di Rancaekek. Acara pelatihan, digelar dari tanggal 19 sampai 29 Agustus 2017.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Biro Yanbangsos Setda Jawa Barat, Daddy Iskandar dan Ketua Baznas Jawa Barat, Arif Ramdani. Acara dibuka dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan duafa sebanyak 50 anak.

Menurut Arif Ramdan, pelatihan untuk mustahik ini digelar karena dunia saat ini sudah beralih menuju dunia digital. Bahkan, belanja masyarakat sudah beralih dari belanja langsung menemui pedagang menjadi belanja melalui online. Faktanya, dari 220 juta masyarakat Indonesia, kisaran 150 juta-nya adalah pengguna internet yang aktif di media sosial dan hampir 70 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki Handphone canggih android.

"Baznas Jawa Barat sebagai badan zakat milik negara yang melihat ini adalah peluang untuk merubah mustahik menjadi muzzaki," ujar Arif dalam siaran persnya, Selasa (22/8).

Oleh kerena itu, menurut Arif, Baznas membuat sebuah program pelatihan internet marketing khusus untuk mustahik muda yang berwirausaha agar dapat bersaing dengan para usahawan yang saat ini sudah sukses. Pelatihan ini, fokus kepada peningkatan mindset ruhiyah, mindset bisnis dan omset bisnis para mustahik muda yang dibina selama 10 hari.

"Kami berharap bahwa pelatihan ini betul-betul bisa mencetak wirausahawan muda yang tangguh dan siap menjadi muzzaki yang soleh diri dan soleh sosial," katanya seraya mengatakan program ini, diikuti oleh 20 orang pilihan dari berbagai macam kota dan kabupaten se-Jawa Barat.

Menurut salah satu peserta dari Kota Bogor, Azzam, ia bersyukur bisa mngikuti program YES dari Baznas Jabar ini. Karena ia sangat yakin akan maju bahwa dengan mengikuti program bagus ini. "Saya akan mengalami peningkatan omset di usaha yang sedang saya jalani saat ini, " katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement