Senin 24 Jul 2017 15:47 WIB

PKPU Human Initiative Distribusikan Bantuan Banjir Belitung

PKPU Human Initiative memberikan bantuan untuk korban banjir Belitung.
Foto: pkpu
PKPU Human Initiative memberikan bantuan untuk korban banjir Belitung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA BELITUNG -- PKPU Human Initiative memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Bangka Belitung. Kordinator Rescue PKPU HI Pusat Subur Rojinawi memberikan sebanyak 310 paket hygenis kits yang terdiri ember, gayung, deterjen, sabun mandi, sampho, sikat gigi dan pasta gigi serta alas tidur.

Bantuan ini untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir di beberapa desa diantaranya di Desa Lenggang  dusun Canggu, dusun Baru, desa Batu Penyu, desa Slingsing Kecamatan Gantung, desa Padang, desa Baru, desa Mekar Jaya kecamatan Manggar Belitung Timur. Kebutuhan dasar berupa makanan telah terpenuhi dari bantuan pemerintah setempat dan lembaga non pemerintah lainnya.

Seperti yang di ketahui penyebab banjir  akibat hujan deras yang berlangsung sejak Jumat (14/7) hingga Ahad (16/7) menyebabkan banjir yang luas di beberapa wilayah di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.  

Titik Banjir di Bangka Selatan ada 9 titik yakni di  Kec. Toboali terdapat 1 titik di Desa Rias, Kecamatan Air Gegas terdapat 6 titik. Di kecamatan Payung terdapat 1 titik yakni di Desa Bedengung, sedangkan Kecamatan Pulau Besar terdapat 1 titik din Desa Sumber Jaya Permai.

Jumlah rumah Terendam di Kota Toboali sebanyak 164 unit rumah,  Kecamatan Tukak Sadai 94 unit rumah, Kec. Air Gegas ada 45 unit rumah dan Desa Rias ada 100 unit rumah. Sarana dan prasaran yang rusak jembatan penghubung Desa Sidoarjo, Kec. Air Gegas, jembatan/gorong2 menuju Tanjung Krasak, Tukak Sad.

Di Kabupaten Belitung Timur, enam kecamatan terendam yakni Kec.Simpang Renggiang, Kelapa Kampit, Dendang, Damar, Gantung dan Manggar.  Untuk jumlah pengungsi kabupaten Belitung Timur 2.629 Jiwa yang tersebar di 14 titik pengungsian.

Di Kabupaten Belitung, empat kecamatan terendam yakni Kecamatan Tanjung Pandan, Mbalong, Sijuk dan Badau. Kebutuhan yang diperlukan makanan siap saji, dapur Umum atau dapur air, air bersih. Juga diperlukan alat medis darurat, hygenies kit,  selimut, tikar/kasur, alat kebersihan dan School kit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement