Jumat , 07 Juli 2017, 19:09 WIB

PPPA Gelar Pesantren Literasi Bersama Santri Takhassus

Red: Irwan Kelana
Dok PPPA
Suasana pesantren literasi yang digelar PPPA Daarul Qur'an.
Suasana pesantren literasi yang digelar PPPA Daarul Qur'an.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PPPA Daarul Quran bekerja sama dengan CIMB Niaga Syariah dan Management Living World Mall menebar amal kebajikan untuk anak-anak yatim dan dhuafa Di Living World Alam Sutra, Tangerang, Banten, pertengahan Ramadhan 1438 H lalu. Acara tersebut dihadiri 120 santri Pesantren Takhasus Daarul Qur'an Al Jannah dan 65 anak yatim dari tiga yayasan yang berbeda.

Siaran pers PPPA Daarul Quran yang diterima Republika.co.id, Jumat (7/7) menyebutkan, santri takhassus dibagi menjadi 10  kelompok untuk belajar bersama cara memanage keuangan. Para santri didampingi volunter CIMB Niaga Syariah.

Santri-santri takhassus diberikan arahan oleh Sandersen dari CIMB Niaga Syariah mengenai cara meliterasi keuangan. Santri juga dituntut untuk memrioritaskan mana yang diperlukan. Misalnya, yang dipakai sehari-hari dan yang tidak perlu. "Santri juga dapat membedakan mana yang dia inginkan dan mana yang bukan," tutur Sandersen.

Setelah mendapatkan pengarahan dari CIMB Niaga,  santri-santri didampingi kakak-kakak CIMB Niaga melakukan salat Ashar berjamaah. Kemudian dilanjutkan denga  belanja bersama di Supermarket Hero. Dengan semangat santri mengikuti kakak-kakak menuju ke lokasi perbelanjaan yang diperlukan.

"Jadi sebenarnya sih, yang perlu dibeli anak-anak ini yaitu barang-barang yang digunakan di pesantren seperti sabun dan yang digunakan sehari-hari gitu ya," kata salah seorang kakak dari CIMB Niaga Syariah yang bernama Andriana.

Setiap anak mendapatkan budget  Rp 300 ribu untuk belanja sesuai dengan keperluan. Mereka belanja sesuai dengan kebutuhan yang tersedia di supermarket. "Mereka boleh membeli apa saja, namun diusahakan berbelanja sebaik mungkin. Kalau dana itu masih ada sisa,  itu menjadi haknya mereka dan bisa ditabung kembali ataupun bisa digunakan untuk hal-hal positif lainnya," tambah  kakak lainnya dari CIMB Niaga Syariah, Setiawan.

Salah satu santri takhassus,  Muhammad Imam Fajri merasa senang sekali bisa berbelanja di supermarket bersama dengan kakak-kakak CIMB Niaga Syariah. ”Saya di sini mau belanja susu, makanan dan sabun,” ujarnya.

Setelah lelah berbelanja, anak-anak kembali kepanggung utama. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Lutfi selaku perwakilan Mangement Living World Mall Alam Sutra. Ia mengucapkan terima kasih kepada sponsor yang telah membantu kesuksesan acara tersebut.
Sebelum buka bersama anak-anak mendengarkan story telling dari Keluarga Pendongeng dan Tausiah yang disampaikan Ustad Jaya Rukhmana. Dengan penuh antusias para santri mendengarkan cerita dan tausiyah tersebut.

Dalam gelaran ini CIMB Niaga Syariah memberikan dana kebajikan dalam kegiatan Pesantren Literasi Rp 68 juta. Simbolis dana kebajikan diterima langsung Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur'an Darmawan Eko Setiyadi. Acara diakhiri dengan kegiatan foto bersama sekaligus pemberian kenang-kenangan oleh CIMB Niaga Syariah dan PPPA Daarul Qur'an kepada para santri.