Senin , 19 June 2017, 13:14 WIB

Pindo Deli Karawang Wakafkan 2.000 Mushaf Alquran

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas lewat unit industrinya Pindo Deli Pulp & Paper Karawang mendonasikan 2.000 mushaf Alquran di

Islamic Center Karawang. Selain itu juga  memberikan santunan kepada yatim piatu di Kabupaten Karawang. 

Mushaf Alquran diserahkan secara simbolis oleh Wakil Direktur Pindo Deli - Karawang Adil Teguh kepada Perwakilan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang M Azizi dan Ketua Serikat Pekerja Pindo Deli Karawang Yudi Junaedi.

"Kami senang dapat berbagi kebaikan dan memberi manfaat melalui donasi mushaf Alquran ini. Hal ini merupakan komitmen kami untuk berbagi kebaikan kepada semua, sekaligus mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran di tanah air," ujar Adil dalam siaran persnya, Senin, (19/6).

Penyaluran donasi Alquran dengan kertas premium sinar tech ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh APP Sinar Mas bekerjasama dengan berbagai mitra baik pemerintah, lembaga keagamaan, sampai dengan pilar usaha Sinar Mas di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk membantu pemerintah menyediakan Alquran bermutu untuk memenuhi kebutuhan seluruh umat muslim di Tanah Air. 


Sejak tahun 2008 sampai dengan tahun ini, terang Adil, APP Sinar Mas telah mendonasikan 600 ribu mushaf Alquran ke berbagai wilayah di Indonesia bersama dengan berbagai mitra. Selain mendonasikan mushaf Alquran, sampai dengan tahun ini APP juga telah mendonasikan 120 ribu buku cara membaca  Alquran bagi anak-anak dan Juz Amma, serta 700 set Alquran braille bagi tunanetra.

Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 mendata ada sekitar 54% dari total populasi umat Islam di Indonesia yang belum dapat membaca Alquran. Sedangkan data Kementerian Agama tahun 2011 mencatat kebutuhan Alquran di Indonesia mencapai 2 juta mushaf per tahun, sementara daya cetak baru 300 ribu setiap tahunnya. Karena itu APP Sinar Mas mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran bagi muslim di Indonesia.

Kertas Alquran yang diwakafkan, ujar Adil, menggunakan kertas premium khusus sinar tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP). Produk ini teksturnya sangat halus, hasil cetakannya sangat baik dan detail. 

Tinta tidak meluber, dan tidak tembus. Selain itu tidak menyilaukan pembacanya. Bahkan kualitas cetakannya mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal.

Kelebihan lainnya, produk kertas ini sudah memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya telah memenuhi kaidah kehalalan. Sebanyak 90 persen dari produk ini diekspor ke negara-negara yang menjadi rujukan pusat-pusat percetakan Alquran seluruh dunia antara lain Arab Saudi, Iran, Turki dan Kuwait.