Rabu 24 May 2017 09:10 WIB

BMH Targetkan Zakat Rp 50 Miliar Selama Ramadhan

Ketua Umum Baitul Maal Hidayatullah, Marwan Mujahidin.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Ketua Umum Baitul Maal Hidayatullah, Marwan Mujahidin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga amil zakat nasional, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menargetkan perolehan zakat hingga mencapai Rp 50 miliar selama Ramadhan 1438 Hijriyah.

"Kami sudah menyiapkan berbagai program agar target tersebut bisa tercapai," kata Ketua Umum BMH Marwan Mujahidin di Jakarta, Rabu (24/5).

Ia mengatakan biasanya selama Ramadhan perolehan zakat, infaq dan shadaqoh meningkat mencapai 60 persen dibandingkan dengan bulan lainnya. Untuk itu diadakan program-program antara lain Cahaya Ramadhan, Dai Ramadhan Sekolah Ramadhan, Paket Lebaran dan Sedekah Ramadhan.

"Paket ini sengaja dibuat selama Ramadhan," katanya.

Menurut dia, penyalurannya dananya ke berbagai daerah pedalaman di seluruh Indonesia yang sangat membutuhkan seperti Papua, Maros dan lainnya.  "Di Indonesia kemiskinan yang paling banyak ditemukan di daerah-daerah pedalaman serta daerah pedesaan," katanya.

BMH memiliki komitmen untuk melakukan pembinaan masyarakat dengan mengirimkan ribuan dai yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. "Kami berharap dengan adanya bantuan ini maka masyarakat bisa mengalami perubahan kearah yang lebih baik secara ekonomi," ujarnya.

Ketua II BMH, Firman Zaenal Abidin mengatakan berusaha terus meningkatkan pemberdayaan umat baik secara kualitas maupun kuantitas, sehingga mereka pada akhirnya bisa mandiri. "Kami berusaha menjadi agent of change bagi masyarakat," katanya.

Laznas BMH telah berkiprah selama 15 tahun tersebut pada 2016 total dana masyarakat yang terkumpul Rp 140 miliar. Dana tersebut didayagunakan untuk berbagai program seperti Dai Tangguh, Senyum Anak Indonesia, Mandiri Terdepan, Pesantren Berdaya dan Sosial Kemanusiaan.

"Pada 2017 ini kami menargetkan terkumpul dana Rp 200 miliar," ujarnya.

Ia mengatakan walaupun belum semua teratasi namun dalam program-program yang diangkat oleh BMH mampu memberikan damapak perubahan nyata ditengah-tengah kehidupan masyarakat. "Zakat merupakan perintah Allah bagi umat muslim. Zakat tidak hanya zakat fitrah akan tetapi zakat harta," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement