Kamis , 18 May 2017, 17:53 WIB

Baznas Luncurkan 10 Program Berbagi Khusus Selama Ramadhan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Prayogi/Republika
Pembayaran zakat di Baznas
Pembayaran zakat di Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan 10 program khusus menyambut bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah. Program itu diharapkan dapat memberikan manfaat bagi 23.150 mustahik di berbagai kota di Indonesia.

Program-program itu di antaranya Ramadhan Bareng Bahagia Bareng, Ramadhan Bersama Suku Badui, Paket Ramadhan Bahagia, Baznas Peduli Narapidana Wanita, Peluncuran Buku Khutbah Zakat dan 99 Masjid Cemerlang. Ada pula Siaga Mudik, Umar bin Khatab, Ramadhan Bersama Lansia dan Teras Sehat.

Direktur Pendistribusian, Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Nasional, Nasir Tajang menjelaskan, Program Ramadhan Bareng Bahagia Bareng merupakan pemberian paket sahur dan buka puasa kepada para dhuafa. Kegiatan dilaksanakan di 35 desa terpencil, termiskin dan terluar lokasi program Zakat Community Development (ZCD).

Selain itu, paket itu akan diberikan di lima Rumah Sehat Baznas yaitu di Jakarta, Yogyakarta, Sidoarjo, Makassar dan Pangkalpinang. Kegiatan itu dilaksanakan agar masyarakat miskin pedesaan bisa merasakan kebahagiaan dan keberkahan bulan suci Ramadhan.

Untuk program bertajuk 99 Masjid Cemerlang, ialah kegiatan membersihkan masjid di berbagai tempat yang dirasa strategis dan banyak dikunjungi masyarakat seperti pemukiman padat penduduk. Selain itu, kegiatan dilaksanakan di jalan-jalan protokol dan jalur yang banyak pemudik.

"Program ini diharapkan memberikan stimulus dan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan masjid karena kebersihan merupakan pula syarat sah diterima ibadah," kata Nasir, Kamis (18/5).

Baznas menyiapkan pula Posko Baznas untuk melayani kebutuhan darurat para pemudik, di antaranya pelayanan kesehatan, takjil dan sosialisasi pelaksanaan ibadah saat mudik. Posko itu akan ditempatkan di lokasi-lokasi jalur mudik (utara dan selatan), tim Rumah Sehat Baznas dan Baznas Tanggap Bencana.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Baznas bentuk pasukan Umar bin Khattab yang merupakan tim untuk dikerahkan mencari dan melayani mustahik yang tersebar di Jabodetabek. Ada pula Ramadhan Bersama Lansia yaitu pemeriksaan kesehatan mata gratis, pemberian alat kesehatan ke 250 lansia yang dilaksanakan di Rumah Sehat Baznas.

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo menekankan, semua layanan aktif itu diharapkan dapat memudahkan para penerima manfaat mendapat bantuan yang menjadi haknya. Ia menegaskan, sejumlah upaya yang dilakukan Baznas melalui program-program khusus itu bertujuan agar tidak perlu ada antrian-antrian masyarakat yang kerap berakhir ricuh apalagi memakan korban.

"Untuk memudahkan mustahik dalam mengakses layanan bantuan darurat dengan prinsip cepat, tepat dan akurat dalam jangka waktu maksimal tiga hari," ujar Bambang.