Kamis , 18 May 2017, 15:42 WIB

Baznas Gandeng Ojek Daring Bagikan Paket Ramadhan Bahagia

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Aditya Pradana Putra
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paket Ramadhan Bahagia jadi salah satu program khusus yang disiapkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Ramadhan 1438 Hijriah. Seperti tahun lalu, paket itu akan dilaksanakan melalui kerjasama dengan ojek daring.

"Kita menggunakan jasa pengiriman online ini bertujuan memuliakan mustahik dalam menerima paket agar terhindar dari antri dan berdesakan disaat pembagian," kata Bambang, Kamis (18/5).

Selain itu, di Ramadhan kali ini akan ada Peluncurkan Buku Khutbah Zakat, yang diharapkan kewajiban zakat bisa dengan baik tersosialisasikan, sehingga potensi dapat terwujud. Hal ini mengingat zakat merupakan rukun Islam paling terabaikan, walau zakat merupakan rukun ketiga setelah shalat.

Ada pula Ramadhan Bersama Suku Badui, kegiatan syiar Islam yang bertujuan menghidupkan suasana keagamaan dan menguatkan akidah masyarakat terpencil suku Badui. Baznas mengirimkan dai-dai yang bertugas menggerakan dakwah Islam, membina tertib ibadah dan meningkatkan motivasi keislaman mualaf Badui.

Bentuk kegiatannya berupa silaturahmi dengan kepala-kepala suku dan mualaf Badui, tausiyah penguatan akidah dan ibadah, buku puasa, tarawih dan sahur bersama serta pembagian paket Ramadhan. Di dalam Lembaga Pemasyarakatan, ada Bazas Peduli Narapidana Wanita yang bertujuan hidupkan suasana keagamaan.

"Dan membentengi akidah narapidana wanita di lingkungan Lapas Wanita Pondok Bambu yang rentan terhadap penyimpangan seksual," ujar Bambang.

Kegiatan itu berupa motivasi agama, lomba ceramah, apresiasi napi penghafal Alquran serta pemberian kebutuhan dasar wanita. Terakhir, ada Program Teras Sehat yaitu kegiatan penyuluhan selama berpuasa Ramadhan, khususnya bagi lansia, ibu serta anak-anak sekolah.