Sabtu 25 Mar 2017 13:03 WIB

Baznas Lampung Salurkan Bantuan Rp 2 Miliar Lebih

Petani Lampung memanen jagung (ilustrasi)
Foto: Antara/ Harviyan Perdana Putra
Petani Lampung memanen jagung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Sebanyak Rp 2 miliar lebih dana yang dikelola Baznas Provinsi Lampung disalurkan kepada kaum Dhuafa, bantuan kemanusian, bea siswa, para pedagang kecil, dan para petani sayur dan petani jagung. Diharapkan, terjadi peningkatan taraf ekonomi dari para penerima bantuan Baznas tersebut.

Ketua Baznas Provinsi Lampung Mahfud Santoso mengatakan, acara penyerahan bantuan dilaksanakan di Hotel City Hub Bandar Lampung berbarengan dengan Rakor dan Diklat para pengurus Baznas Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, yang dihadiri dari SKPD Se-Provinsi Lampung, Direktur Bank Lampung, Bank Muamalat, dari akademisi Unila, IAIN dan Teknokrat, belum lama ini.

Mahfud mengatakan, Baznas Provinsi Lampung sampai Maret 2017 terkumpul Rp 3.202.309.300. Dana yang dikeluarkan mulai dari awal terbentuknya Baznas Provinsi Lampung sampai dengan Maret 2017, sebesar Rp 2.087.353.986, sehingga saldo per Maret 2017 Rp 1.114.955.314.

Sedang Program Baznas yang telah berjalan antara lain penyaluran dana zakat kepada 5.320 kaum dhuafa pada 2015, penyaluran dana zakat kepada 1.250 kaum dhuafa bekerja sama dengan perabis, penyaluran dana zakat kepada 3.750 kaum dhuafa pada 2016, bantuan berupa modal usaha kecil kepada 22 orang pedagang es, gorengan, sayur, keliling, enyaluran kepada muallaf, tuna lansia, tuna daksa, yatim piatu.

Selain itu ada juga bantuan kemanusiaan untuk saudara di Aceh, penyerahan bea siswa kepada 18 mahasiswa IAIN dan Unila dan 5 guru honorere, bantaun BPJS untuk 40 tuna netra, dan masih banyak lainnya. Penyerahan Bantuan beasiswa tahfidz Alquran untuk 20 orang mahasiswa, disaksikan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Drs H Suhaili MAg.

Suhaili sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dia beraharap, tahun depan dapat lebih meningkat lagi. Untuk itu, kepada pengurus Baznas Provinsi Lampung, Suhaili meminta agar Baznas Provinsi Lampung memasang baliho di tempat-tempat yang strategis, atau menginformasikan kepada masyarakat baik melalui media cetak, internet dan lainya, sehingga masyarakat dengan mudah menyalurkan zakat, infaq, dan shadaqahnya.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement