Kamis 19 Oct 2017 05:30 WIB

Dompet Dhuafa Bangun Pusat Muslimah Produktif

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Esthi Maharani
Muslimah mengenakan jilbab.
Foto: Republika/Musiron
Muslimah mengenakan jilbab.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Akses pendidikan yang mumpuni untuk perempuan di Indonesia masih tergolong rendah. Untuk itu, Dompet Dhuafa membangun Khadijah Learning Center (KLC) sebagai pusat inspirasi muslimah produktif berbasis program kewirausahaan.

Pembangunan KLC ini berasal dari donatur Dompet Dhuafa, Joes Noerdin yang juga bersama membentang kebaikan dengan komunitas alumni FEUI tahun 1974, mewakafkan tanah seluas 2.300 meter2 yang diamanatkan sebagai aset wakaf produktif untuk mendukung program pemberdayaan Dompet Dhuafa.

Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa Ahmad Shonhaji menjelaskan selain sebagai pusat kewirausahaan muslimah, KLC juga ditujukan sebagai akses pendidikan yang mumpuni untuk perempuan Indonesia dengan semangat menjadi pusat kajian, pertemuan, pendidikan, wirausaha bagi Muslimah.

"Terima kasih kepada muwakif yang mempercayakan asetnya kepada Dompet Dhuafa sebagai nadzir wakaf. Dan saat ini berwakaf tidak harus menunggu menjadi kaya raya terlebih dahulu, tetapi hanya dengan Rp 50,000,- per-bulan pun sudah bisa berwakaf," ujar Ahmad Sonhaji dalam rilis yang diterima Republika, Rabu (18/10).

 

Inisiator pengelolaan wakaf produktif KLC, Ippho Santosa menjelaskan, nama KLC terinspirasi dari salah satu bentuk wujud cintanya kepada Rasul dan ingin memuliakan wanita. Nama dan sosok yang menginspirasi ialah Khadijah, istri dari Rasulullah SAW

"Insha Allah disini para wanita akan belajar. Selain itu disini juga akan ada Gym, ada kolam renang khusus wanita, jadi kita memuliakan wanita. Melalui KLC kita akan kejar amal jariyah-nya, dengan melibatkan tenaga, uang, dan doa kita. Karena pada akhirnya, amal jariyah kita lah yang akan bekerja untuk kita," ujar Ippho.

Pada Ahad (15/10), Dompet Dhuafa menggelar Ground Breaking - Khadijah Learning Center dan Pengajian Bersama Ustadz M. Ikhsan Tanjung di Rumah Jati, Serpong, yang berada sekitar 300 meter dari lokasi Ground Breaking.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement