Ahad 15 Oct 2017 01:19 WIB

Sekolah Cendekia Baznas Gelar Gema Muharam 1439 H

SMP Cendeki Baznas menggelar sejumlah perlombaan dalam rangka Gema Muharam 1439 H.
Foto: Dok SMP Cendekia Baznas
SMP Cendeki Baznas menggelar sejumlah perlombaan dalam rangka Gema Muharam 1439 H.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Muharam, bulan pertama penanggalan Hijriyah menjadi salah satu momentum bagi umat Islam untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bagi sekolah,  aktivitas di bulan Muharam  dapat menjadi sarana  mengajak masyarakat memperdalam Islam untuk menyambut datangnya tahun baru Hijriyah, agar tidak terbawa cara dan adat  yang bertentangan dengan nilai Islam.

Berangkat dari semangat ini, SMP Cendekia Baznas melaksanakan Gema Muharam 1439 H. Sejumlah aktivitas diadakan bagi pelajar SMP/MTs  se- Bogor Raya, Jawa Barat. “Serangkaian kegiatan lomba dan tabligh akbar dilaksanakan sejak tanggal 12 hingga 15 Oktober 2017,” kata Kepala SMP Cendekia Baznas Sri Nurhidayah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (14/10).

Nurhidayah menambahkan, lomba futsal memperebutkan piala BAPOPSI (Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia) Kabupaten Bogor, sedikit berbeda dengan yang lain. Peserta, para siswa SMP/Mts, diwajibkan menutup aurat (antara pusar sampai lutut) serta wajib hafal 5 surat Alquran.  

Sebanyak 24 sekolah, 10 sekolah di antaranya adalah SMP Negeri mengikuti kegiatan ini. “Menjadi menarik bahwa sebelum bertanding, para peserta membaca dahulu surat pendek di Alquran,” ujarnya.

Kegiatan lain adalah Musabaqah Hifzhil Quran yang memperebutkan piala Ketua Baznas Kabupaten Bogor. Untuk Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) akan diberikan Piala Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

Satu Lomba lain adalah Marawis, yang  memperebutkan piala Kepala Kemenag Kabupaten  Bogor. Juara umum akan memperoleh piala Ketua Baznas, Prof Dr  Bambang Sudibyo MBA. “Khusus untuk MTQ, Ghania Ahsani Ramadhani, mahasiswa IPB yang merupakan juara 1 Tartil Al Quran MTQ Mahasiswa Nasional XV 2017, menjadi salah seorang juri tamu,” tuturnya.

Pada hari terakhir, Ahad (15/10),  diadakan tabligh akbar bagi masyarakat sekitar, yang menghadirkan mantan Ketua Umum Baznas dan guru besar IPB Prof Dr KH Didin Hafidhuddin  MS. Pada hari yang sama diadakan   pemeriksaan kesehatan gratis bersama Rumah Sehat Baznas dan  Pembagian piala bagi para pemenang.

Ketua panitia kegiatan Gema Muharam 1439 H, yang juga kepala Asrama SMP Cendekia Baznas, menyampaikan bahwa Gema Muharam akan menjadi kegiatan tahunan sekolah yang akan mendekatkan  para siswa SMP dengan berbagai kegiatan Islami tanpa harus kehilangan kegembiraan masa remaja.

Sekolah Cendekia Baznas SCB berlokasi di Ahbabullah Center, Kampung Cirangkong,  Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. SMP Cendekia Baznas  merupakan SMP bebas biaya, berasrama yang menerima 60 siswa puta dan putri setiap tahunnya. SCB didirikan dengan wakaf tanah dari yayasan Siti Hajar Sudjai dan seluruh gedung waqaf dari Qatar Charity Indonesia.

Seluruh operasional sekolah dibiayai oleh Baznas. Baznas adalah badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Kepres no.8/2001. Baznas bertugas menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah   tingkat nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement