Selasa 14 Mar 2017 12:10 WIB

ACT Sudah Berangkatkan Tim dan Bantuan Kemanusiaan ke Afrika

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
 Aksi serentak relawan ACT (Ilustrasi)
Foto: dok. ACT
Aksi serentak relawan ACT (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senior Vice President Aksi Cepat Tanggap (ACT), Syuhelmaidi Syukur, mengungkapkan sudah ada tim yang berangkat ke Somalia. Tim yang berangkat Sabtu (12/3) lalu membawa bantuan pangan dan saat ini sudah berada di Mogadishu.

"Berangkat Sabtu kemarin via Istanbul, sekarang tim sudah di Mogadishu," kata Syuhelmaidi kepada Republika.co.id, Selasa (14/3).

Ia menerangkan, tim yang berangkat kemarin merupakan tim advance berjumlah dua orang, Bambang Triyono dan Rudi Purnomo. Syuhelmaidi menekankan, ACT memiliki program Food for Somalia, sehingga bantuan yang diberikan berupa pangan.

Syuhelmaidi mengungkapkan, ACT telah menyiapkan dana sekitar lima miliar untuk krisis kelaparan di Somalia, dan akan dirikimkan secara bertahap. Program lanjutan dari ACT sendiri akan ditentukan dua orang tim advance yang berangkat lebih dahulu.

"Kita siapkan dana 5M yang kita kirimkan secara bertahap, hasil rekomendasi tim advance ini akan menentukan program lanjutan yang kita lakukan," ujar Syuhelmaidi.

Dikatakannya, setelah memberangkatkan tim dan memberikan bantuan ke Somalia, ACT akan melanjutkan pembarian bantuan ke beberapa negara lain. Menurut Syuhelmaidi, negara-negara itu di antaranya Yaman, Sudan selatan dan Nigeria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement