Selasa 21 Feb 2017 09:43 WIB

Dompet Dhuafa Turunkan Tim Evakuasi Banjir Jakarta

Relawan DD melakukan evakuasi banjir Jakarta
Foto: dok DD
Relawan DD melakukan evakuasi banjir Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa menurunkan tim evakuasi menyusul banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (21/2). Banjir terjadi mengingat hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Selasa dini hari.

“Kami segera merespons menurunkan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa ke wilayah-wilayah terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya untuk evakuasi warga. Salah satunya di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur,” kata Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan di Jakarta.

Imam menuturkan, DMC Dompet Dhuafa mengerahkan perahu karet dan relawan lokal setempat dalam menjalankan aksi evakuasi. Sebagian warga yang telah dievakuasi diungsikan ke masjid terdekat.

Sebelum banjir melanda, DMC Dompet Dhuafa telah melakukan persiapan siaga banjir mengingat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir di wilayah Jabodetabek. Tim pun sudah bersiap siaga di lokasi rawan banjir sejak Senin (20/2) malam.

“Kami berencana akan mendirikan beberapa posko pengungsian di wilayah terdampak. Beberapa aktivitas seperti layanan kesehatan bagi para pengungsi akan segera disiapkan,” terang Imam.

Imam pun mengajak publik untuk bersama-sama bersinergi membantu masyarakat yang terdampak banjir di Jabodetabek. Agar kesulitan mereka dapat segera teratasi. 

“Di Dompet Dhuafa ada wadah Dompet Dhuafa Volunteer. Ini terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi relawan untuk bersama-sama membantu saudara-saudara kita yang tengah dilanda banjir,” kata Imam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement