Selasa 17 Jan 2017 16:53 WIB

Ini 10 Lokasi ATM Beras Baznas

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas mengambil beras dari mesin ATM beras di Komplek Masjid Salman, Jl Ganesha, Kota Bandung, Selasa (29/11).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Petugas mengambil beras dari mesin ATM beras di Komplek Masjid Salman, Jl Ganesha, Kota Bandung, Selasa (29/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasonal (Baznas) telah memulai uji coba pengembangan Anjungan Terima Mandiri (ATM) Beras. Saat ini, Baznas akan coba menempatkan ATM Beras di 10 lokasi yang ada di Jakarta, Bekasi dan Tangerang.

Baznas Kembangkan ATM Beras

Berikut 10 lokasi percobaan penempatan ATM Beras:

1. Masjid Istiqlal

 

2. Kantor Baznas Kebon Sirih

3. kantor Baznas Arthaloka

4. Masjid Al Azhar Kebayoran

5. Masjid Pondok Indah

6. Masjid Al Husna Tanjung Priok

7. Islamic Center Bekasi

8. Masjid Sunda Kelapa

9. Masjid At Tin

10. Masjid Raya Tangerang

Direktur Amil Zakat Nasional Baznas, Arifin Purwakananta, menerangkan setiap mesin ATM Beras akan memiliki kapasitas untuk 1.000 kepala keluarga. Karenanya, dari 10 titik lokasi ATM Beras di Jakarta, Bekasi dan Tangerang, Baznas menargetkan 10 ribu kepala keluarga akan menerima manfaat.

"Sebanyak 10 titik itu kami berharap bisa memberi bantuan ke 10 ribu masyarakat," kata Arifin usai peresmian uji coba ATM Beras, Selasa (17/1).

Salah seorang mustahik dari Masjid Sunda Kelapa, Kurniati, mengaku sangat senang ada program ATM Beras yang khusus diberikan kepada keluarga miskin. Tanpa kesulitan, ia pun sempat mencoba mengambil beras di ATM Beras Kantor Baznas Arthaloka, melalui ATM yang sudah diberikan.

"Bisa, nggak susah, tempelin doang langsung ke luar berasnya di bawah," kata mustahik dari Masjid Sunda Kelapa tersebut kepada Republika.co.id, Selasa (17/1).

Masyarakat yang sudah terverifikasi dan mendapatkan kartu ATM, memang bisa langsung mengambil beras dengan kisaran yang telah ditentukan Baznas. Namun, warga tampaknya harus membawa kantung atau wadah sendiri dari rumah, mengingat mesin ATM Beras tidak menyiapkan kantung atau wadah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement