Ahad 03 Jul 2016 19:07 WIB

Ini Tiga Hikmah Zakat Fitrah Bagi Umat Muslim

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas Amil Zakat saat melayani warga yang membayar zakat fitrah, Masjid Istiqlal, Jumat (1/7). (Republika/Tahta Aidilla)
Petugas Amil Zakat saat melayani warga yang membayar zakat fitrah, Masjid Istiqlal, Jumat (1/7). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Zakat fitrah sebuah kewajiban yang sangat baik di kalangan umat Muslim. Tentu zakat fitrah itu memiliki banyak hikmah bagi mereka yang menunaikan.

Pakar Zakat di Tanah Air, Irfan Syauqi Beik, mengatakan hikmah pertama yang bisa didapatkan dari zakat fitrah adalah sebagai rasa syukur. Ia menilai, umat Muslim yang menunaikan zakat fitrah bisa memanfaatkannya sebagai bentuk syukur, atas banyaknya limpahan nikmat selama Ramadhan.

"Bentuk rasa syukur itu yang utama, implementasi keimanan kepada Allah SWT," kata Irfan kepada Republika.co.id, Ahad (3/7).

Kedua, Irfan, melanjutkan hikmah yang bisa didapatkan umat Muslim dengan menunaikan zakat fitrah adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Zakat fitrah, bisa dimaksudkan sebagai wujud kepedulian dan berbagi kebahagiaan kepada sesama umat Muslim, agar semua komponen umat Muslim dapat merayakan Hari Kemenangan.

Silaturahim, menjadi hikmah ketiga yang bisa didapatkan seseorang atas zakat fitrah yang ia tunaikan, sehingga berujung kepada penguatan sosial. Irfan menegaskan, zakat fitrah bisa menguatkan hubungan persaudaraaan yang terjalin sesama umat Islam, dan akan memunculkan rasa saling mencintai antar sesama. "Yang mampu mencintai yang tidak mampu, yang tidak mampu akan mendoakan yang mampu," ujar Irfan.

Ia menambahkan, Islam sesungguhnya mengajarkan umat manusia untuk saling peduli dan berbagi. Sehingga bisa merasakan indahnya kemenangan bersama-sama. Melalui zakat fitrah, Islam benar-benar mengajarkan umat Muslim untuk tidak membiarkan sesama bersedih di Hari Kemenangan.

(Baca Juga: Idul Fitri, Momentum Meneruskan Kebiasaan Baik Selama Ramadhan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement