Selasa 28 Jun 2016 13:53 WIB

Rumah Zakat Salurkan Logistik untuk Korban Banjir Kendal

Rumah Zakat menyalurkan bantuan logistik kepada korban di Kendal.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat menyalurkan bantuan logistik kepada korban di Kendal.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL -- Rumah Zakat (RZ) menyalurkan bantuan logistik untuk korban banjir besar yang melanda Kabupaten Kendal, Sabtu (25/6). Bantuan yang disalurkan adalah 75 kg beras, 200 bungkus mie instan, 51 paket makanan cepat saji, 51 biskuit, 240 paket dan air mineral, serta 300 Paket Buka Puasa Bersama (BPP).

Sebelumnya, RZ telah meyalurkan bantuan tahap pertama pada Ahad (19/6) saat terjadinya bencana. Pemberian bantuan difokuskan di RT 1 RW 4 Desa Sudipayung, Kecamatan Ngampel dikarenakan warganya yang cepat tanggap bencana.

“Begitu mendapat laporan dari warga, kami langsung melakukan assessment. Yang paling dibutuhkan adalah paket makanan dan air mineral. Apalagi, banyak anak-anak dan balita yang belum makan semalaman. Bahkan hampir semua warga di kampung tersebut tidak sahur, karena rumahnya masih tergenang air sehingga tidak sempat makan,” ujar Siti Munawaroh, Relawan Inspirasi RZ, Selasa (28/6).

RZ fokus membantu para korban secepat mungkin sesuai dengan kebutuhan para korban. Tahun lalu, RZ membantu warga dengan dropping air bersih pada waktu kekeringan. Siti menambahkan program ini diadakan sebagai  bentuk penghargaan kepada warga yang tanggap bencana, sekaligus memupuk semangat gotong royong dan silaturahim warga.

“Harapan kami, pemerintah atau BPBD bisa melakukan pelatihan mitigasi bencana kepada warga, sehingga warga bisa lebih tanggap dan bisa menangani krisis bencana secara mandiri dan secepat mungkin, sehingga bisa meringankan kerja BPBD maupun pemerintah,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement