Kamis 26 May 2016 17:06 WIB

Baznas Tanggap Bencana Latih Evakuasi Bencana

Evakuasi warga yang tinggal di daerah rawan bencana
Foto: edwin dwi putranto
Evakuasi warga yang tinggal di daerah rawan bencana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Baznas Tanggap Bencana (BTP), unit di bawah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pagi memberikan pelatihan evakuasi bencana kepada tenaga-tenaga medis Rumah Sehat Baznas Jakarta, Kamis (26/5). Pelatihan berupa pertolongan pertama menghadapi bencana yang terjadi di dalam gedung seperti evakuasi orang terjebak di dalam lift, cara aman memapah korban, dan penyelamatan kebakaran.

Kepala Divisi Pendayagunaan dan Pendistribusian Baznas Deni Hidayat mengatakan BTB bergerak kepada kegiatan penanggulangan bencana. Deni mengatakan bencana merupakan salah satu penyebab kemiskinan. Sedangkan penanggulangan kemiskinan merupakan tujuan utama penyaluran dana zakat, infak dan sedekah (ZIS).

"BTB lebih fokus kepada penanganan livelyhood (perikehidupan) pascabencana. Pada saat bencana emergency respons BTB tetap terjun sebagai starting point kegiatan untuk menyisir kepada livelyhood masyarakat terdampak," katanya.

Selanjutnya, pemulihan terhadap perikehidupan masyarakat yang terdampak antara lain menghidupkan kembali perekonomian yang terganggu akibat bencana, seperti UKM, pasar yang memerlukan perbaikan dengan pendekatan DLA (Disaster Lossed Asset) untuk menghitung dan merencanakan program recovery.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement