Selasa 03 May 2016 14:53 WIB

Menyambung Cita Para Dhuafa

Menyambung cta-cita para dhuafa.
Foto: BMH
Menyambung cta-cita para dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) kembali mengangkat program Senyum Anak Indonesia. Program ini merupakan program terintegrasi dan berkelanjutan untuk menyambung cita-cita bagi siswa-siswi dhuafa khususnya yang berada di daerah pelosok pedalaman, kepulauan terpencil dan terluar Indonesia.

Di tahun ini, BMH kembali mengangkat program Support Peralatan Sekolah bagi anak-anak dhuafa di daerah pedalaman, kepulauan terpencil dan terluar di Indonesia sebagai penguat program yang telah dijalankan sekaligus menjawab kebutuhan siswa-siswi yang sangat memiliki keterbatasan sarana dan prasarana belajar.

“Dibutuhkan sinergi dengan berbagai elemen bangsa mulai dari individu, pemerintah maupun swasta, baik yang bersumber dari dana zakat, sedekah, hibah, wakaf maupun CSR perusahaan untuk ikut menjadi bagian dalam merajut solusi untuk negeri,” ujar Ade Syariful Allam, Direktur Program dan Pendayagunaan BMH

Dia mengatakan pekerjaan terberat dimuka bumi adalah membangun manusia. Hal ini benar adanya. Sejak 17 Agustus 1945 Indonesia merdeka, perjuangan bangsa dan negara di bidang pendidikan belum sampai pada apa yang kita harapkan bersama.

Berkat dukungan doa, kontribusi pemikiran serta materi dari para dermawan, kini BMH membantu mendirikan 203 sekolah formal setingkat SD dan SMA, 7 pesantren tahfidz, 3 Sekolah Pemimpin dan 5 Perguruan Tinggi pencetak Da’i Sarjana. Khusus untuk Sekolah Pemimpin dan PT kini telah berdiri di 5 kota di Indonesia yaitu di Depok, Malang, Surabaya, Balikpapan dan Batam.

Selain itu, BMH juga memilii program seperti Beasiswa Anak Indonesia, Beasiswa Sekolah Pemimpin, Beasiswa Kader Bangsa dan Beasiswa Penghafal Quran yang harapannya para penerima manfaat nantinya kelak dapat berkontribusi untuk bangsa antara lain dengan menjadi guru, dai, pegiat ekonomi syariah, profesional di bidang kedokteran, hukum dan lain sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement