Selasa 03 May 2016 13:35 WIB

Peduli Suriah, Siswa SD Juara Kirim Surat ke PBB

Sebanyak 23 Siswa kelas V SD Juara Bandung binaan Rumah Zakat (RZ) mengirimkan surat kepada PBB melalui kantor Pos Jl. Cilaki, Bandung, Selasa (3/5).
Foto: RZ
Sebanyak 23 Siswa kelas V SD Juara Bandung binaan Rumah Zakat (RZ) mengirimkan surat kepada PBB melalui kantor Pos Jl. Cilaki, Bandung, Selasa (3/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 23 Siswa kelas V SD Juara Bandung binaan Rumah Zakat (RZ) mengirimkan surat kepada PBB melalui kantor Pos Jl. Cilaki, Bandung, Selasa (3/5). Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian siswa SD Juara kepada para korban Suriah yang mengalami krisis kemanusiaan di Aleppo.

Wakasek Kesiswaan SD Enok Rohayani mengatakan kegiatan ini diharapkan bisa membawa siswa bisa ikut berpartisipasi dan berempati terhadap korban tragedi Aleppo. Ini juga menjadi cara agar para siswa bersyukur menjadi anak Indonesia yang bisa mengenyam pendidikan dalam keadaan aman.

"Semoga mereka semakin giat untuk menuntut ilmu dan kelak dapat bermanfaat untuk perdamaian dunia," kata dia.

Surat juga ditujukan kepada 25 kedubes diantaranya Suriah, Brunei, Turki dll. Selain itu, para siswa juga mengumpulkan donasi untuk korban Aleppo yang diberikan kepada RZ. "Kami turut berduka atas tragedi yang menimpa Aleppo. Semoga dengan surat yang kami kirim dan donasi yang diberikan dapat meringankan beban saudara-saudara kami di sana," ujar Algiera Zidan Ananda, Siswa kelas V SD Juara Bandung.

 

Konflik yang berkecamuk sejak tahun 2010 tersebut menyebabkan negara Suriah mengalami krisis berkepanjangan. Banyak fasilitas publik yang hancur seperti rumah sakit, gedung sekolah dan rumah-rumah. Akibatnya, banyak warga Suriah yang kehilangan tempat tinggalnya, serta mengalami kesulitan mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang memadai.

RZ juga telah mengirimkan bantuan berupa pembangunan sumur-sumur air minum di Ghouta Timur Suriah. Hampir semua infrastruktur luluh lantak, kebutuhan dasar berupa sanitasi air bersih pun menjadi hal yang sulit diperoleh.

"Alhamdulillah pembangunan sumur yang merupakan hasil donasi para donatur ini menjadi sumber air bersih warga sehari-hari. Mari kita bantu saudara kita di sana ” ujar Nur Efendi, CEO RZ.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement