Selasa 02 Feb 2016 14:12 WIB

Dompet Dhuafa Periksa Kesehatan Sopir Angkot

Rep: c23/ Red: Agung Sasongko
pemeriksaan/ilustrasi
Foto: Republika/ Wihdan
pemeriksaan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa menyelenggarakan aksi layanan sehat (ALS) di Terminal Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (2/1). Aksi yang digelar dengan cara membuka posko pemeriksaan kesehatan gratis tersebut, diprioritaskan untuk para pengemudi angkutan umum.

Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Rini Suprihartanti mengungkapkan, alasan Dompet Dhuafa mengutamakan pemeriksaan para sopir angkutan umum dikarenakan mereka memang kurang memiliki waktu untuk mengontrol kesehatannya. Padahal kesehatan menjadi faktor penting yang menentukan performa mereka ketika mengemudi.

"Karena sopir kan membawa penumpang atau publik. Kita berharap ini akan menjadi upaya preventif menciptakan keamanan (berkendara)," jelas Rini pada Republika.co.id

Beberapa hal yang dicek para relawan Dompet Dhuafa adalah tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Setelah itu, para sopir juga akan diberikan penyuluhan sesuai dengan hasil pemeriksaan mereka.

Dengan ALS, Rini berharap para pengemudi angkutan umum dapat disadarkan tentang pentingnya kondisi kesehatan. "Kalau memang ada penyakit, kita ingin mereka tahu tentang penyakitnya. Tentu tidak bisa kita tangani semua, tapi ini jadi upaya preventif," ucapnya.

Rini mengatakan, ALS merupakan salah satu bentuk misi Dompet Dhuafa dalam bidang kesehatan. "Jadi kita ingin mengangkat harkat dan martabat kaum duafa, salah satunya melalui kesehatan. Ini jadi misi kita,"

tuturnya.

Untuk menggelar aksi ini, Dompet Dhuafa, kata Rini, bekerja sama dengan PTT Exploration and Production Public Company (PTTEP), sebuah perusahaan minyak asal Thailand. ALS Dompet Dhuafa nantinya juga akan digelar di beberapa terminal lain di Jakarta, antara lain Terminal Kalideres, Kampung Rambutan, Pulo Gadung, dan Pasar Senen.

Rini mengungkapkan aksi ini akan digelar secara berkala hingga akhir Maret mendatang. Dengan target pengemudi angkutan umum yang diperiksa, yakni 1001 sopir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement