Rabu 26 Aug 2015 14:39 WIB

Pertamina-PKPU Bentuk Kelompok Tani

Pertamina bekerja sama dengan PKPU memberikan bantuan traktor untuk kelompok petani di Padang, Selasa (25/8).
Foto: PKPU
Pertamina bekerja sama dengan PKPU memberikan bantuan traktor untuk kelompok petani di Padang, Selasa (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- PT Pertamina Terminal BBM Teluk Kabung bekerjasama dengan Lembaga Kemanusiaan Nasional  PKPU Padang meluncurkan Program Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat (KUMM). Program pemberdayaan petani itu ditandai dengan penyerahan satu unit traktor dengan mesin perontok padi kepada kelompok penerima di Teluk Kabung Tengah, Selasa (25/8).

Operation Head PT Pertamina Teluk Kabung  Ahmad Jani Lauma mengatakan bantuan peralatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program pemberdayaan akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan bersama PKPU Padang. Program ini diharapkan dapat membantu petani di Teluk Kabung meningkatkan produktifitas pertanian mereka.

Ahmad Jani mengatakan sudah seharusnya produk pertanian masyarakat berupa beras itu menjadi primadona terutama masyarakat sekitar Teluk Kabung. Pangsa pasar juga sangat terbuka luas karena tidak kurang 700 orang sopir setiap harinya hilir mudik masuk kawasan Pertamina untuk pengangkutan BBM. Pertamina membantu mendistribusikan hasil pertanian itu nantinya dengan membentuk koperasi.

Tokoh masyarakat Suhaili Arsyad yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan bantuan pemberdayaan ini hendaknya diikuti dengan pembinaan dan pengawasan. Senada dengan itu Lurah Teluk Kabung Tengah meminta agar setiap program yang dilakukan dengan berkoordinasi dengan pemerintahan kelurahan sehingga mendapatkan masukan yang dibutuhkan.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan menyampaikan sejumlah usulan seperti permintaan pembangunan saluran drainase untuk mengatasi banjir dan langsung ditanggapi pihak Pertamina akan dibangun di tahun 2016 mendatang. Program KUMM Tani beranggotakan 10 orang ini akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement